Jakarta, Aktual.com — Jutaan umat Muslim di seluruh dunia bergabung, dalam hal ini ratusan peziarah Palestina akan memulai perjalanan Haji pada Minggu (6/9) melalui penyeberangan perbatasan Rafah Mesir, dengan harapan untuk kembali ke rumah dalam keadaan yang lebih baik dan setelah semua dosa-dosa mereka terhapus.

“Semua persiapan untuk perjalanan suci telah selesai,” kata Kepala Haji dan Umrah Authority di Jalur Gaza, Mohammad Abdulbari, mengatakan, kepada kantor berita KUNA, Jumat (4/9).

Sekitar 2.450 peziarah Gaza akan bertandang ke Arab Saudi melalui Mesir pada hari Minggu, Senin, dan Selasa.

Dibagi menjadi tiga kloter, masing-masing berisi 850 orang, peziarah akan menaiki bus travel menuju Bandara Internasional Kairo dari Rafah yang akan dibuka untuk jemaah Haji Gaza dalam beberapa hari mendatang.

“Jemaah Haji Gaza diagendakan untuk melakukan perjalanan dari Bandara AlAreesh terdekat di Northern Sinai, tapi tahun ini pemerintah Mesir mengumumkan bahwa mereka bisa melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Kairo karena Bandara AlAreesh tidak siap untuk menerima mereka karena situasi keamanan di Sinai,” kata Abdulbari.

Dia menambahkan, bahwa rute baru akan menambah 12 jam lebih untuk perjalanan Haji dari Gaza.

Pengaturan untuk transportasi dan akomodasi jemaah akan dilakukan oleh pemerintah Mesir, di Saudi, dan agen-agen perjalanan, demikian menurut Kepala Haji dan Umrah agen perjalanan masyarakat, Awad Abumathkour.

Pejabat Haji menambahkan, bahwa pemerintah Saudi telah memberikan 1.000 bebas visa Haji bagi keluarga para Martir Palestina dan tahanan di penjara-penjara Israel.

Kerajaan juga telah menawarkan 500 visa Haji lebih untuk warga Palestina di Tepi Barat dan 500 visa bagi mereka di Jalur Gaza.

Muslim dari seluruh dunia tumpah ruah ke Mekah setiap tahun untuk melakukan Haji, yang merupakan salah satu dari lima Rukun Islam.

Haji terdiri dari beberapa rangkaian, yang dimaksudkan untuk melambangkan konsep penting dari Iman Islam, dan untuk memperingati cobaan Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Untuk diketahui, setiap yang bertubuh sehat, dewasa, Muslim dan secara finansial mampu perjalanan harus melakukan Haji setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Haji 2015 diperkirakan jatuh antara tanggal 20 September dan 25 September 2015, berlangsung dari 8 ke 12 Zulhijah, bulan terakhir dari kalender Hijriah.

()

()