Jenazah anggota Marinir dari Yonif Marinir 3, Moh. Iqbal yang menjadi korban penembakan KSB di Kwareh Bawah

Jakarta, Aktual.com – Dua jenazah anggota Yonif Marinir 3 yang menjadi korban saat penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kwareh Bawah, Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, pada Senin diterbangkan dari Timika ke kota kampung halamannya untuk dimakamkan .

Kedua jenazah itu masing-masing Letda Mar Moh Iqbal dimakamkan di Kendari dan Pratu Mar Wilson Anderson Here dimakamkan di Kupang.

Waka Pendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan di Jayapura, Senin, mengatakan pelepasan jenazah kedua prajurit itu dihadiri Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa diawali dengan upacara kehormatan yang berlangsung di aula kantor perwakilan Lanal Timika di Timika, Kabupaten Mimika.

Dua pesawat disiapkan untuk mengantar kedua jenazah yakni Hercules TNI-AU membawa jenazah Pratu Mar Wilson Anderson Here ke Kupang dan jenazah Letda Mar Muhammad Iqbal menggunakan pesawat Lion Air, jelas Letkol Inf Chandra.

KKB pimpinan Egianus Kogoya, Sabtu petang (26/3), menyerang pos Satgas Mupe di Kware Bawah hingga menyebabkan dua anggota Marinir meninggal dan delapan luka-luka.

Dua personel yang meninggal yaitu Dan Pos Letda Mar Moh Iqbal dan Pratu Mar Wilson Anderson Here.

Delapan personel yang terluka yaitu Serda Mar Rendi Febriansyah dan Serda Mar Ebit Erisman,

Serda Mar Bayu Pratama, Pratu Mar Rahmad Sulman, Prada Mar Dicky Sugara, Pratu Mar Adik Saputra A, Prada Mar La Harmin dan Prada Mar Alif Dwi Putra.

 

(Arie Saputra)