Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir (ANTARA/HO-press@suzuki-racing.com)

Jakarta, Aktual.com – Juara dunia 2020 Joan Mir resmi bakal ditandemkan dengan juara dunia delapan kali Marc Marquez di tim Repsol Honda mulai tahun depan menyusul kesepakatan kontrak berdurasi dua tahun hingga 2024, demikian Honda Racing Corporation pada Selasa.

Mir berlabuh ke Honda menyusul keputusan Suzuki yang bakal meninggalkan MotoGP pada akhir musim ini karena alasan finansial.

Rekan satu tim Mir, Alex Rins telah lebih dahulu mengamankan kontrak membalap untuk tim LCR Honda mulai musim depan.

“Honda Racing Corporatioin dengan bangga mengumumkan perekrutan Joan Mir,” demikian Honda pada Selasa.

Mir memegang dua gelar juara dunia setelah ia menjuarai Moto3 pada 2017 dan kelas premier pada 2020.

Sang pebalap (24) asal Spanyol merupakan pemenang 12 grand prix dan peraih 33 podium selama kariernya.

“Saya sangat senang secara resmi mengumumkan saya akan bergabung tim Repsol Honda tahun depan,” kata Mir dalam pernyataan resmi yang diunggah di Twitter.

“Terima kasih kepada HRC telah mempercayai saya dan memberikan saya kesempatan untuk membela warna bersejarah ini, yang penuh sejarah dan juara dunia.

“Kami akan memanfaatkan secara penuh semua pengalaman saya selama bertahun-tahun di MotoGP dengan Suzuki untuk berkontribusi sebanyak mungkin ke proyek ini dan bertarung bersama untuk menjadi juara dunia lagi.”

Mir akan melewatkan balapan Grand Prix Misano pada akhir pekan ini karena cedera tulang dan ligamen pergelangan kaki kanannya setelah terpelanting dari motornya pada lap pembuka Grand Prix Austria di Red Bull Ring dan mendarat keras di gravel.

“Sekarang saatnya fokus meneruskan pemulihan saya untuk kembali ke sirkuit segera mungkin dan meraih akhir musim yang luar biasa dengan tim Suzuki Ecstar,” kata Mir.

(Dede Eka Nurdiansyah)