Jakarta, Aktual.co —Jokowi mengucapkan sumpah janji sebagai Presiden RI periode RI periode 2014-2019 pada pukul 10.25 WIB.
Pada sumpahnya, Jokowi akan menjalankan pemerintahan dengan adil dan memegang teguh kepada UUD 1945 dan akan berbakti kepada negara. Sumpah janji Jokowi kemudian diikuti oleh Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden RI yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh oleh Jokowi-JK serta Ketua MPR Zulkifli Hasan beserta wakil-wakilnya.
Terlihat ketika penandatanganan berita acara selesai, Ibu Ani Yudhoyono memberikan ucapan selamat secara langsung kepada Ibu Iriana yang mengenakan kebaya berwarna oranye.
Susilo Bambang Yudhoyono juga memberikan ucapan selamat kepada Joko Widodo dan bertepuk tangan sebagai tanda penyambutan kepada Jokowi yang telah resmi menjabat sebagai Presiden RI hingga lima tahun kedepan.
“Dengan diucapkannya sumpah tersebut, maka Joko Widodo beserta Jusuf Kalla dinyatakan resmi sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI,” ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan, di gedung DPR/MPR, Senin (20/10).
SBY dan Boediono pun mempersilahkan Jokowi-JK menempati kursi Presiden dan Wakil Presiden RI yang disambut tepuk tangan oleh para peserta sidang paripurna.

(Andy Abdul Hamid)