Jakarta, Aktual.co — Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Banten Raya Hendriyana MSi meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memperhatikan pembangunan bidang pendidikan.
“Pak Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden sudah cukup bagus dalam memperhatikan bidang pendidikan, dan kita harapkan Pak Jokowi bisa lebih meningkatkan lagi,” katanya di Pandeglang, Rabu (22/10).
Saat ini, kata dia, masih banyak bangunan sekolah dan ruang kelas yang mengalami kerusakan, bahkan tidak sedikit juga yang sudah tak layak pakai.
Ke depan, lanjut dia, jangan ada lagi bangunan sekolah atau ruang kelas yang rusak karena bisa menganggu ketenanagan proses belajar danmengajar.
Selain itu, kata dia, juga harus diperhatikan pengadaan fasilitas pendukung pendidikan di sekolah, seperti ruang perpustakaan dan laboratorium.
Sekarang, lanjut dia, masih banyak sekolah yang belum mempunyai perpustakaan, padahal fungsinya sangat penting untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
“Sekolah yang punya perpustakaan masih banyak di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Pandeglang, terutama tingkat sekolah dasar, ini harus menjadi perhatian pemerintahan Jokowi,” ujarnya.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Dadan T Daniel menyatakan sekitar 30 persen dari 810 unit sekolah dasar di daerah itu belum memiliki perpustakaan.
“Memang masih ada sekitar 30 persen yang belum ada perpustakaan, dan akan kita lengkapi secara bertahap,” katanya.
Pepustakaan, kata dia, merupakan salah satu penunjang penting dalam pendidikan, karena itu ke depan setiap sekolah pada semua tingkat harus memiliki fasilitas tersebut.
“Karena keterbatasan anggaran maka pembangunan perpustakaan tidak bisa dilaksanakan secara sekaligus, tapi saya yakin dalam beberapa tahun ke depan seluruh sekolah sudah memilikinya,” ujarnya.

()