Jakarta, Aktual.co —Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) merupakan pemimpin yang memberikan solusi. Karena itu kita layak optimis pasangan Jokowi-Jusuf Kalla akan membawa perubahan yang berarti bagi bangsa Indonesia berbagai sektor kehidupan.

Hal itu diungkapkan tokoh relawan Jokowi, Eko Sulistyo, dalam acara peluncuran buku ‘Solusi Jokowi’ karya Michael Umbas di Jakarta, Sabtu (18/10). Eko dan Guru Besar UI Prof Hamdi Muluk membedah buku itu.

“Jika berhadapan dengan persoalan dengan masyarakat, Jokowi akan datang, mendengarkan, makan bareng, negosiasi, mencarikan solusi dan selesai. Solusi-solusi tersebut dia wujudkan dalam program-program dan kebijakan,” kata Eko.

Sementara itu, penanggap lain, Michael Steven mengatakan, Jokowi telah memberikan contoh secara langsung dalam proses pembangunan. Karena ia mengubah mindset sebagian besar masyarakat Indonesia, yang hanya bekerja untuk mencari uang menjadi masyarakat yang pandai membuat uang bekerja untuk mereka.

Dalam buku ‘Solusi Jokowi’ sendiri, penulis Michael Umbas mengurai sosok Jokowi bukanlah pemimpin yang hanya sekadar mampu ‘berbuat’ sebagaimana diidentifikasi publik. Tetapi ia pemimpin yang sesungguhnya cerdas memotret masalah dan merumuskan solusi.

“Kita selalu percaya setiap masalah ada solusi, maka Jokowi pun mendasari model kepemimpinan yang selalu mengambil peran menyelesaikan masalah. Ia hadir menjemput masalah, memikirkan penyelesaiannya dan bekerja sungguh-sungguh hingga bisa terselesaikan,” tukas Umbas.

()

()