Selebrasi kapten Juventus Paulo Dybala (depan) usai mencetak gol lawan Sassoulo di perempat final Coppa Italia pada 11 Februari 2022 (Instagram Juventus)

Jakarta, Aktual.com – Juventus berhasil melaju ke semifinal usai mengalahkan Sassuolo dengan skor 2-1 dalam pertandingan perempat final Coppa Italia di Stadion Allianz, Jumat dini hari WIB.

Dua gol Juventus dicetak oleh Paulo Dybala dan gol bunuh diri Ruan Tressoldi. Sementara itu Sassuolo mencetak gol lewat tendangan Hamed Traore.

Atas hasil ini, Bianconeri berhak meraih tiket semifinal Coppa Italia dan akan menghadapi Fiorentina, yang sebelumnya mengalahkan Atalanta dengan skor 3-2.

Adapun laga semifinal Coppa Italia lainnya akan mempertemukan AC Milan melawan Inter Milan.

Juventus sudah memimpin saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Paulo Dybala memberi Juventus keunggulan 1-0 lewat tendangan volinya.

Alex Sandro bergerak di sisi kiri dan mengoper bola kepada Weston McKennie. Dia melepaskan tembakan, tetapi diblok oleh Ruan. Bola muntah disambut Dybala dengan tendangan voli.

Sassuolo mencoba membalas. Domenico Berardi melepaskan tembakan keras, tetapi masih bisa ditepis Mattia Perin.

Sassuolo menyamakan kedudukan pada menit ke-24. Hamed Junior Traore melakukan kerja sama satu-dua degan Gianluca Scamacca dan mengakhirinya dengan tembakan ke pojok atas gawang, yang gagal diantisipasi oleh Perin. Skor menjadi 1-1.

Juventus menciptakan peluang lewat umpan Alex Sandro yang diteruskan McKennie dengan sundulan. Namun Pegolo memblok bola.

Tim tuan rumah mendapat sejumlah peluang di babak kedua. Pada menit ke-55, bola tendangan McKennie membentur tiang gawang.

Kemelut di depan gawang Sassuolo belum bisa dimanfaatkan Juventus. Berawal dari tendangan bebas Dybala, bola disundul McKennie dan dihalau oleh Pegolo. De Ligt menyambar bola muntah, tetapi masih membentur tiang gawang.

Juventus kembali memiliki peluang emas setelah Morata tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Pegolo. Namun, tendangan penyerang asal Spanyol itu belum bisa menaklukkan kiper Sassuolo itu.

Upaya Juventus untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-88. Dusan Vlahovic masuk ke kotak penalti dari sisi kiri meski dikawal ketat bek Sassuolo. Dia kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit yang membentur Ruan dan masuk ke gawang Sassuolo. Skor menjadi 2-1.

Keunggulan 2-1 Juventus bertahan hingga pertandingan usai dan mereka berhak melaju ke semifinal Coppa Italia.

Susunan Pemain

Juventus (4-2-3-1): Mattia Perin; Mattia De Sciglio (Morata 61′), Matthijs De Ligt, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Arthur (Rabiot 70′), Denis Zakaria (Locatelli 61′); Juan Cuadrado, Paulo Dybala, Weston McKennie; Dusan Vlahovic

Sassuolo (4-2-3-1): Gianluca Pegolo; Ruan, Kaan Ayhan (Muldur 46′), Gian Marco Ferrari, Georgios Kyriakopoulos; Abdou Harroui (Frattesi 74′), Maxime Lopez; Domenico Berardi (Defrel 59′), Giacomo Raspadori, Hamed Junior Traore (Matheus Henrique 60′); Gianluca Scamacca

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)