Jember, Aktual.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jember Bobby Arie Sandy kembali mensosialisasikan manfaat aplikasi Jember Kota Pintar atau J Kopi. Sosialisasi ini dirangkum dalam Talk Show yang digelar sejumlah jurnalis televisi yang digelar di Balai Serba Guna, Selasa (6/12).

Pembahasan menarik yang diperbincangkan dalam talk show tersebut yakni soal aplikasi J-KOPI alias Jember Kota Pintar.

Bobby menjelaskan, hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 1.000 orang yang telah mendownload aplikasi J-KOPI. “Sementara, sebanyak 831 orang pengguna sudah mendapatkan proses verifikasi KTP sehingga dapat melakukan pelayanan publik melalui aplikasi,” terangnya.

Dia menambahkan, bahwa pengguna J-KOPI selain bisa menggunakan smartphone android, mereka juga sudah bisa menggunakan IPhone.

Aplikasi J-KOPI mempunyai beberapa fitur, di antaranya SI-JELAS atau Sistem Informasi Jember Elektronik Layanan Masyarakat untuk mengurus layanan surat-menyurat di tingkat kelurahan/desa dan kecamatan.

“Terdapat juga fitur UMKM, dimana menu tersebut dapat digunakan oleh pemilik UMKM di wilayah Jember untuk memasarkan produk mereka agar lebih dikenal secara luas,” ujarnya.

Lebih lanjut, terdapat 4 kategori layanan publik pada aplikasi J-KOPI. Mulai J-Yanmas (Jember Layanan Masyarakat), merupakan media untuk mengintegrasikan layanan publik dari beberapa OPD di Jember. J-Der (Jember Digital Entrepreneur), merupakan media untuk menginformasikan aplikasi digital buatan masyarakat Jember.

J-Event (Jember Event), merupakan media yang berisikan event-event yang akan, sedang atau telah diselenggarakan di Jember. Kemudian, J-News (Jember News), merupakan media yang berisikan berita-berita umum seputar Jember.

Selain itu, J-KOPI juga dibuat untuk mengintegrasikan aplikasi layanan publik dari OPD terkait dengan menggunakan metode Applications Programming Interface/API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi), dan untuk dapat mengakses layanan publik yang disediakan oleh masing-masing OPD.

Sangat banyak manfaat yang bisa diperolah masyarakat dengan adanya J-KOPI. Masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor induk namun, cukup menggunakan aplikasi J-KOPI. Bahkan, masyarakat dapat menggunakan layanan surat-menyurat di mana saja dan kapan saja.

Bobby mengungkapkan, tingkat kunjungan aplikasi J-KOPI terus meningkat setiap bulan. “Pada November 2022, total kunjungan mencapai 14.568 kali. Kategori layanan yang paling banyak dikunjungi adalah J-Event yang menampilkan jadwal event-event yang ada di Jember,” tuturnya.

Ke depan, kata Bobby, pihaknya akan meminta para camat, lurah, dan kepala desa untung lantang melakukan sosialisasi terkait dengan penggunaan aplikasi J-KOPI kepada warganya masing-masing,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)