Samarinda, aktual.com – Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, Kaltim, menyebutkan Kapal KM Pantokrator yang terbakar pada Rabu (26/1) sekitar pukul 10.40—11.50 WITA tidak ada korban jiwa atau mengalami luka-luka.

Seluruh penumpang, kata Kapten Kapal Pantokrator Slamet Isyadi di Samarinda, Rabu, sudah dievakuasi ketika terjadi kebakaran.

“Kami saat ini masih mengeluarkan air dari dalam kapal supaya tidak terjadi kemiringan,” kata Slamet Isyadi.

Dikatakan pula bahwa api sudah padam. Namun, masih ada air di kapal yang memiliki panjang 109 dan lebar 15 meter tersebut.

Kebakaran kapal yang terjadi di pelabuhan Jalan Yos Sudarso tersebut diduga berasal dari dek yang ditempati para karyawan atau ABK kapal.

Slamet mengatakan bahwa kapal dengan rute Samarinda-Parepare dan Parepare-Samarinda setiap pekan tersebut berkapasitas 1.850 penumpang.

“Total penumpang yang akan naik, kami belum tahu, masih pemeriksaan,” katanya.

Sementara itu, kapal yang dijadwalkan berangkat sekitar pukul 14.00—15.00 WITA tersebut terpaksa ditunda keberangkatannya terkait dengan pemeriksaan kepolisian.

“Penumpangnya nanti akan kami coba bicarakan dengan perusahaan pelayaran supaya bisa dialihkan dengan kapal yang lain,” katanya.

Dugaan sementara api akibat korsleting listrik dan puntung rokok.

Adapun ruang yang terbakar hanya kamar VIP dengan luas area 3 meter x 3 meter.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)