Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menyematkan tanda pangkat kepada Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Jodie Rooseto (tengah) saat sertijab Perwira Tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/3). Irjen Pol Jodie Rooseto resmi menjabat Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Pol Moechgiyarto yang menduduki jabatan Kapolda Metro Jaya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/kye/16

Bandung, Aktual.com — Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Jodie Rooseto mengatakan kondisi Lapas Klas II A  Kota Bandung, sudah terkendali. Sebelumnya, di lapas khusus kasus narkoba itu terjadi kerusuhan yang membuat kebakaran cukup hebat.

Kerusuhan itu dipicu oleh adanya warga binaan yang diberikan sanksi dan ditempatkan di sel khusus karena melakukan pelanggaran. Namun, karena diberikan sanksi, warga binaan itu mengambil jalan pintas dengan bunuh dari.

“Laporan petugas lapas tadi malem ada riak-riak kecil dengan dasar solidaritas sesama warga binaan dan ingin mengetahui penyebab kematian rekannya,” kata Kapolda di lokasi.

Dia mengatakan, riak-riak itu karena tidak ada jawaban hingga pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Hal itu yang kemudian menjadikan reaksi dari warga binaan lainnya.

“Jam 8.10 kita udah disisini dan bisa meminimalisir dan pertama dilakukan yaitu gimana agar warga binaan tidak kabur keluar dan melarikan diri. Kedua kita memadamkan api terbakar didepan kantor kalau tadi kita mendekat tidak bisa memadamkan karena jarak lemparnya cukup dekat,” ucapnya.

Data yang diperolehnya, warga binaan 750 sudah mau menjebol pintu disayap kiri. Hal itu cepat diantisipasi dengan pihak kepolisian yang bergerak cepat.

“Kebijakan dari lapas, sekarng jaga dipecah-pecah agar tidak menyatu. Tidaka ada satu pun yang kabur karena kita bergerrak cepat dan membuat pagar betis,” ungkapnya.

(Arbie Marwan)