Massa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) melakukan Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (17/12/2017). Aksi tersebut menyerukan pembelaan untuk Palestina dan mengecam pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibukota Israel. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, mengatakan massa aksi bela Palestina tidak akan melakukan demonstrasi ke Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

“Kedutaan AS kami lakukan pengamanan, namun mereka tidak akan kesana (Kedubes AS). Mereka hanya akan melakukan orasi. Insya Allah tidak ke sana,” kata Kapolda saat meninjau aksi di lapangan Monas, Jakarta, Jumat (11/5).

Kapolda mengatakan sudah berkoordinasi dengan panitia aksi berulang kali, guna memastikan massa menyampaikan aspirasi dengan baik dan aksi berjalan damai.

“Siapa lagi yang menjaga Jakarta, kalau bukan kita-kita semua,” ujar dia.

Dia juga sengaja meminta seluruh personel kepolisian untuk mengenakan sorban sebagai wujud simpati yang diberikan jajaran kepolisian terhadap aksi yang dilakukan.

Saat ini massa aksi bela Palestina sudah berkumpul di lapangan Monas dengan membaca panji-panji bendera Palestina dan Indonesia.

Massa tampak tertib dan mematuhi larangan untuk tidak menginjak rumput di kawasan Monas, mereka terlihat memilih berjalan antre meskipun harus berjejalan, ketimbang menginjak rumput. Sejumlah orator beberapa kali mengingatkan massa untuk tidak berjalan di rumput.

 

Ant.

()