Labuan Bajo, Aktual.com – Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Bambang Hari Wibowo, mendampingi Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif saat melakukan pengecekan Pos Penyekatan Penerapan PPKM Level III di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (13/08/2021) pagi sekitar pukul 09.30 WITA.

Di sela–sela kegiatan, Kapolda NTT menyampaikan bahwa maksud dan tujuan mengunjungi Manggarai Barat yakni mengecek kesiapan penerapan PPKM Level III sesuai Inmendagri Nomor 32 tahun 2021 yang menetapkan wilayah Kabupaten Manggarai Barat bersamaan dengan kabupaten lainnya di seluruh wilayah Provinsi NTT.

“TNI dan Polri mendukung penuh upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menjabarkan Inmendagri Nomor 32 tahun 2021 termasuk menyiapkan tempat–tempat isolasi mandiri terpusat dalam penanganan Covid-19,” ujar Kapolda NTT.

Irjen Pol. Lotharia Latif mengingatkan agar warga selalu menaati prokes 5 M, khususnya menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Saat ini wilayah NTT ada empat kabupaten yang masuk dalam PPKM Level IV yakni Kota Kupang, Sumba Timur, Sikka, dan Ende. Diharapkan wilayah lainnya tidak masuk dalam PPKM Level IV. Di NTT saat ini tidak ada lagi PPKM Level II yang ada hanya PPKM Level III dan IV,” ungkapnya.

Menurut Kapolda, lonjakan Covid-19 di NTT menjadi perhatian bersama, dengan cara mengurangi mobilitas dan kerumunan.

“Sebaran Covid 19, angka kenaikan di wilayah NTT menjadi atensi kita bersama. Ada tiga hal yang menjadi perhatian kita bersama yakni kurangi mobilitas dan kerumunan, pengujian (tasting) pelacakan (tracing) dan Isolasi (treatment) dengan membentuk isolasi-isolasi terpusat serta masifkan vaksinasi,” tandas Kapolda NTT.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo menyampaikan, bahwa Polres Manggarai Barat bersama Kodim 1612/Manggarai, Lanal Labuan Bajo dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah melaksanakan kegiatan PPKM level III secara intensif di Manggarai Barat.

“Kegiatan–kegiatan pencegahan Covid-19 terus dilakukan, seperti patroli imbauan protokol kesehatan, penyemprotan disinfektan, bakti sosial untuk warga terdampak Covid-19, serta pembatasan mobilitas warga dan penyekatan,” jelas alumnus AKPOL angkatan 2000 itu.

“Alhamdulillah dengan kerja sama dari seluruh lintas sektoral, saat ini posisi Manggarai Barat berada di zona orange dan ke depannya kami akan bawa ke zona hijau. Namun demikian kami harap masyarakat tetap taat dan patuh terhadap imbauan pemerintah,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, Dir Reskrimsus Polda NTT Kombes Pol. Johannes Bangun, Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, Dir Polairud Polda NTT Nyoman Budiarja, Dir Intelkam Polda NTT Kombes Pol Jan Wynand Imanuel Makatita, yang didampingi juga oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, dan Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto.

(Florianus Jefrinus Dain)

(Nusantara Network)