Jakarta, Aktual.co — Jakarta, Aktual.co —  Tersangka kasus korupsi Alat Kesehatan di Provinsi Banten, Mamak Jamaksari, yang juga tersangka kasus pembangunan Puskesmas di Tangerang Selatan, diperiksa Kejaksaan Agung.

Pemeriksaan Mamak sebagai saksi untuk tersangka lain Dadang Prijatna ini dilakukan Kejagung di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan.

“Tadi melakukan pemeriksaan tersangka Mamak Jamaksari, untuk tersangka lainnya yaitu Dadang Prijatna” ujar Jaksa Susilo yang mengaku baru saja memeriksa Mamak, seraya menenteng salah satu kardus dari Gedung KPK, Selasa (4/11).yang

Tentang kardus yang dibawanya, Susilo menyebut itu berisikan berkas perkara. “Ini untuk tersangka lainnya, dalam kasus Puskesmas di Tangsel,” katanya. Kasus korupsi pembangunan Puskesmas ini diduga telah merugikan negara Rp 7,8 miliar.

Untuk kasus itu Kejaksaan Agung telah menetapkan tujuh tersangka termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Dadang yang kini sudah ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung sejak 29 September lalu. Dadang, selaku Kuasa Pengguna Anggaran, diduga telah mengatur pembagian paket-paket pekerjaan proyek Puskesmas di Tangsel kepada para rekanan pelaksana.

Tersanga lain yang ditetapkan Kejagung adalah adik Gubernur Banten non aktif Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaery Wardhana (TCW). Juga Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Promosi Dinas Kesehatan Kota Tangsel Mamak Jamaksari, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Banten Neng Ulfah.

Bersama para birokrat itu, sejumlah pengusaha dan kalangan profesional pun ditetapkan kejaksaan agung sebagai tersangka. Para tersangka dari kalangan swasta ini adalah Suprijatna Tamara,Komisaris PT Trias Jaya Perkasa; Desy Yusandi,Direktur PT Bangga Usaha Mandiri; dan Herdian Koosnadi, Komisaris PT Mitra Karya Rattan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Tony Spontana menjelaskan kejaksaan juga telah memeriksa Sandi, karyawan PT Bali Pasifik Pragama sebagai saksi. Dia diperiksa untuk mencek kepastian adanya pengaturan soal perusahaan-perusahan tertentu yang akan memenangkan pembangunan puskesmas-puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah di Dinas Kesehatan Kota Tangsel Tahun Anggaran 2011 dan 2012. (Wisnu)

(Wisnu)

()