Jakarta, Aktual.co — Pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden 2014-2019, DPP PDI Perjuangan menurunkan sekitar 3.500 personel Satgas Cakra Buana untuk mengawal pelantikan dan membantu petugas aparat dalam pengamanan di acara kirab budaya di Monas, Jakarta Pusat usai pelantikan nanti.
Kepala Satgas Nasional Cakra Buana Komarudin Watubun mengatakan, pengerahan satgas itu bukan karena tidak percaya dengan aparat keamanan. melainkan, sebagai upaya untuk ikut aktif membantu aparat keamanan dalam melakukan tugas-tugas pengamanan yang di khususkan kepada pengamanan internal partai.
Komarudin juga mengatakan, aksi ini sebagai bentuk dukungan moralnya kepada Jokowi sebagai kader PDI Perjuangan dan juga Dewan Penasehat Cakra Buana.
“Sebenarnya kami bisa menurunkan satgas hingga ratusan ribu karena banyak sekali yang berminat. Namun karena ada keterbatasan tempat, maka cukup 3.500  saja”, kata Komarudin dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (20/10).
Dirinya menjelaskan, Satgas selalu bersiaga penuh disetiap agenda-agenda penting.
“Lebih-lebih ini ada pesta rakyat yang dihadiri ratusan ribu masyarakat” kata ketua DPP PDI Perjuangan dan anggota DPR RI 2014-2019 Dapil Papua itu.

(Novrizal Sikumbang)

()