Jakarta, Aktual.co — Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan, kehadiran Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo dalam Muktamar VIII PPP di Surabaya merupakan penugasan langsung dari Ketua Umum Partainya, Megawati Soekarnoputri.
Hal itu, kata dia, merupakan tradisi parpol di Indonesia apabila ada muktamar atau kongres, dalam pembukaannya selalu menghadirkan para pimpinan partai.
Bahkan, dirinya mengatakan jika pertemuan Maimoen Zubair dengan Jokowi merupakan sinyal kuat bergabungnya PPP ke KIH. 
“Namun prinsipnya kepemimpinan Jokowi selalu mendorong musyawarah dan persatuan dalam partai,” kata Hasto di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (16/10).
Dia menilai parpol merupakan organisasasi penting dalam demokrasi sehingga yang dikedepankan dalam pertemuan Jokowi dengan tokoh-tokoh PPP dalam konteks persatuan.
Hal itu, kata dia, dalam pertemuan antara Mbah Moen dengan Jokowi dalam suasana kekeluargaan karena beliau memberikan nasihat kepada Jokowi.
“Dalam semangat gotong royong harus melihat politik nasional yaitu parlemen penting dan Jokowi ingin membangun hubungan positif dan saling kerjasama untuk kepentingan bangsa,” kata dia.
Dirinya mengatakan, dialog yang dilakukan PDIP tidak mengedepankan politik transaksional, namun untuk kepentingan politik yang ada. 

()

()