Jakarta, aktual.com – Majelis Ulama Indonesia menyesalkan tindakan kelompok ekstrem yabg dipimpin Rasmus Paludan di Swedia yang melakukan pembakaran terhadap Al-Quran.

“MUI mengecam dan sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan kelompok ekstrem kanan yang dipimpin oleh Rasmus Paludan, kelompok ekstrem yang menjadi musuh semua orang,” ujar Sudarnoto dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat, (9/12).

Ia meminta kepada Pemerintah Swedia untuk segera menindak tegas kelompok tersebut, karena sudah membahayakan kemanusiaan dan akan menyebarkan paham Islamofobia.

“Karena itu, Pemerintah Swedia harus menindak tegas Paludan dan semua pihak yang melindungi tindakan kelompok ekstrimis ini. Jika tidak, maka ekstremisme dan islamofobia akan terus menyebar dan membahayakan kemanusiaan dimana-mana,” paparnya.

MUI juga meminta Duta Besar (Dubes) Swedia untuk Indonesia segera menyampaikan penjelasan perihal permasalahan tersebut.

“Jangan sampai, hubungan persahabatan Swedia-Indonesia ini terganggu karena kasus ini. Ini bukan kasus pertama, sebelumnya juga sudah terjadi,” pungkasnya.

(Rizky Zulkarnain)