Ilustrasi - calon penumpang kereta api berjubel mengantri untuk naik kereta api di stasiun Pasar Senin, Jakarta (Ist)

Jakarta, Aktual.com – Selama pandemi, pembatasan mobilitas diberlakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 di berbagai daerah. Mulai dari PSBB hingga PPKM, semua aturan ini dibuat untuk melindungi masyarakat dari potensi tertular virus yang belum ada obatnya ini. Imbas dari adanya aturan mobilitas masyarakat ini juga berdampak bagi sektor transportasi umum, seperti kereta api.

Jika Anda berencana naik kereta api jarak jauh selama masa PPKM yang kembali diperpanjang hingga 23 Agustus 2021 ini, ada berbagai aturan baru yang perlu diikuti agar bisa tetap melanjutkan perjalanan. Ya, PPKM Jawa-Bali kembali diperpanjang dan jika Anda berencana ke Bandung dalam waktu dekat, Anda bisa cek dulu saja jadwal kereta api ke Bandung dan temukan yang paling sesuai dengan rencana perjalanan. Jika sudah punya tiket kereta, perhatikan tips berikut ini agar perjalanan tidak batal dan tetap aman serta nyaman.

1. Tes Covid-19 sehari sebelum berangkat

Karena PPKM kembali diperpanjang, maka aturan yang dipakai saat PPKM sebelumnya masih berlanjut  untuk urusan naik kereta api jarak jauh. Salah satu dokumen wajib yang perlu Anda bawa adalah surat keterangan negatif hasil tes Covid-19 yang bisa berupa RT-PCR yang dilakukan maksimal 2×24 jam sebelum berangkat atau bisa juga rapid test antigen yang dilakukan 1×24 jam sebelum berangkat.

Meski harga PCR di Jawa-Bali saat ini sudah turun di angka 400 ribuan, namun harga rapid test antigen jauh lebih murah di angka 100an ribu dan hasilnya pun lebih cepat didapat tidak perlu menunggu seperti hasil PCR.

Jika Anda memilih rapid test antigen, lakukanlah tes sehari sebelum tanggal keberangkatan agar lebih tenang dalam menunggu hasil dibandingkan tes di hari H berangkat di stasiun (dengan catatan stasiun melayani tes antigen on the spot).

2. Download aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat vaksin juga jadi salah satu dokumen wajib yang harus diperlihatkan saat ingin naik kereta api jarak jauh di masa PPKM ini. Namun Anda tidak disarankan mencetak sertifikat vaksin Anda kepada pihak ketiga atau toko online karena sertifikat berisi data-data sensitif yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika pun ingin mencetaknya, gunakan printer sendiri di rumah atau kantor atau tempat lain yang terpercaya.

Dan sebenarnya Anda tidak perlu mencetak sertifikat vaksin. Cukup download aplikasi PeduliLindungi, lalu log in dan di aplikasi tersebut akan langsung terpampang sertifikat Anda. Jadi di stasiun pun tinggal tunjukkan saja smartphone Anda ke petugas untuk mengecek sertifikat vaksin Anda. Ini jauh lebih nyaman dan juga aman agar data penting Anda tidak bocor dan disalahgunakan.

3. Makan dulu sebelum berangkat

Sebelum berangkat, Anda disarankan untuk makan terlebih dahulu untuk mengisi perut sehingga tidak mudah lapar di perjalanan. Pasalnya membuka masker untuk makan atau minum di gerbong meningkatkan resiko Anda untuk tertular virus corona atau virus lainnya. Maka dari itu sebaiknya makan berat dulu sebelum naik ke kereta untuk menghindari terlalu lama membuka masker di area publik.

Anda tetap diperbolehkan membawa makanan dan minuman untuk perjalanan kereta di atas 2 jam. Namun alangkah baiknya jika sudah mengisi perut sebelum berangkat agar tidak mudah lapar di perjalanan. Kalau lapar melanda, Anda tinggal buka bekal yang dibawa dari rumah dan menikmatinya.

4. Siapkan berkas dalam satu amplop

Agar mudah ditemukan, simpan dokumen penting perjalanan Anda dalam satu amplop agar tidak tercecer. Mulai dari hasil rapid test antigen hingga tiket kereta Anda bisa disimpan di dalamnya. Jadi saat menghadap petugas untuk pemeriksaan, semua dokumen sudah lengkap dan Anda bisa melenggang masuk area keberangkatan tanpa masalah berarti.

5. Datang ke stasiun lebih awal

Anda harus mempertimbangkan waktu kedatangan ke stasiun harus cukup untuk pemeriksaan dokumen di stasiun oleh petugas. Anda juga perlu memperhitungkan ramai tidaknya penumpang yang akan berangkat karena bisa saja ada antrian di mesin cetak boarding pass mandiri atau pemeriksaan dokumen.

Dengan datang lebih awal berarti Anda sudah sia jika ada hal-hal di luar rencana yang terjadi di stasiun saat akan check in. Anda juga punya waktu untuk menunggu kereta di peron. Lebih baik datang lebih awal daripada ditinggal kereta kan?

Nah itulah tadi tips naik kereta jarak jauh selama PPKM yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api jika sudah membeli tiket kereta di Traveloka Lifestyle SuperApp dengan asumsi PPKM tidak diperpanjang dan bisa libur akhir pekan di luar kota.

Tapi tidak masalah koko. Selama Anda memenuhi syarat perjalanan saat PPKM maka Anda tentunya akan diijinkan naik kereta ke kota tujuan. Jangan lupa juga untuk selalu taat protokol kesehatan dimanapun Anda berada ya.

(Nurman Abdul Rahman)