Ilustrasi Mudik Lebaran

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencannya akan menyelenggarakan mudik gratis pada periode mudik Lebaran 2022.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Angkutan Jalan DitJen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto yang mengatakan bahwa rencananya keberangkatan mudik gratis akan dilaksanakan tanggal 29-30 April 2022.

Dengan rencana tujuan ke Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Namun, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub hingga kini masih belum dapat memastikan jumlah armada baik bus penumpang maupun truk angkutan motor untuk program mudik gratis ini.

“Jumlah armada masih dihitung menyesuaikan dengan hasil revisi anggaran yang saat ini tengah berlangsung,” ujarnya di Jakarta, Senin (4/4).

Pasalnya, tahun ini Kemenhub tidak menganggarkan mudik gratis dalam pagu anggarannya karena pada dua tahun kemarin pemerintah tidak memperbolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran.

Namun, tahun ini Presiden Joko Widodo ternyata membebaskan mudik Lebaran dengan syarat sehingga Kemenhub berencana untuk melaksanakan mudik gratis kembali supaya mengurangi pemudik menggunakan sepeda motor.

“Anggaran mudik gratis sedang diusahakan melalui revisi anggaran Kementerian Perhubungan, selain itu beberapa pihak lain seperti Dinas Perhubungan/BUMN/BUMD/perusahaan swasta yang hendak melaksanakan program mudik gratis diperbolehkan,” ucapnya.

Dia juga belum dapat memprediksi total pemudik yang akan mengikuti program mudik gratis.

Pasalnya, kuota pemudik akan disesuaikan dengan jumlah total kendaraan dan jumlah tempat duduk per masing-masing kendaraan.

(Arie Saputra)