Jakarta, Aktual.com – Pemerintah menyiapkan 440.000 tenaga kesehatan serta 23.000 vaksinator untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hingga ke seluruh daerah di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, mengatakan, hingga 5 Desember 2020, sudah dilakukan pelatihan kepada sebanyak 12.408 orang untuk 21 Provinsi.

Sementara pelatihan penyiapan bagi tenaga vaksinator telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 Provinsi.

“Artinya, semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah proporsional dari semua provinsi akan tercakup,” ujarnya dalam Keterangan Pers KPCPEN di Jakarta, Senin (14/12).

Oscar mengatakan, selain proses pemberian vaksinasi, upaya mengedukasi masyarakat sebelum program vaksinasi berjalan juga tidak kalah penting.

Upaya edukasi ini harus sampai dengan merata ke daerah.

“Kita menginginkan bahwa masyarakat itu paham tentang pentingnya vaksinasi ini. Pemahaman kita tentang kehalalan juga sudah kita upayakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI),” kata Oscar.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyampaikan apresiasinya kepada tenaga kesehatan yang terus berjuang membantu masyarakat di masa pandemi ini.

“Apresiasi kepada tenaga kesehatan maupun kepada para peniliti yang luar biasa bekerjanya dalam upaya meningkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), kita wujudkan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Dengan saling peduli mendukung bersama, kita bisa atasi pandemi ini,” tutupnya.(RRI)

(Warto'i)