Jakarta, Aktual.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu di atas ekonomi global dalam 20 tahun terakhir.

“Kita selalu tumbuhnya di atas ekonomi global, hal itu yang membuat posisi Indonesia menjadi semakin kuat dan semakin strategis, sehingga posisi Indonesia dalam global sangat diperhitungkan,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Kacaribu dalam sebuah diskusi virual bertajuk Presidensi G20 – Manfaat bagi Indonesia dan Dunia di Jakarta, Senin (6/12).

Selain Indonesia, negara-negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi di atas perekonomian global, yaitu China dan India.

Menurut dia, hanya ketiga negara tersebut di dunia yang bisa mengalami pertumbuhan ekonomi di atas perekonomian global.

Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Prancis, Brazil, dan Jepang bahkan selalu mengalami masalah dengan perekonomiannya selama ini, sehingga dalam waktu tertentu ekonomi negara-negara tersebut cenderung lebih sering di bawah pertumbuhan ekonomi global.

“Indonesia, China, dan India memang pemimpin. Inilah yang membawa pertumbuhan ekonomi global selalu tumbuh kurang lebih sebesar dua persen atau di atas dua persen per tahun,” ujar Febrio.

Ia menjelaskan Indonesia dalam 15-20 tahun terakhir memang selalu tumbuh di kisaran lima persen sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Dengan demikian, hal tersebut semakin meningkatkan kepercayaan diri dan modal untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari pemimpin dunia, terutama dalam perhelatan Presidensi G20 di Tanah Air.

Dalam G20, Febrio menuturkan Indonesia berada di posisi ke-16 sebagai negara dengan perekonomian terbesar dunia.

(Antara)

(A. Hilmi)