Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa (27/3) malam. AKTUAL/ Teuku Wildan.

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri agar segera memanfaatkan teknologi digital sehingga mampu berdaya saing global, yang sesuai dengan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Saat ini dunia telah memasuki era ekonomi digital, di mana model bisnis yang banyak dijalankan adalah berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, Kamis (21/3).

Untuk itu Direktorat Jenderal IKM dan Aneka (IKMA) Kemenperin menyelenggarakan e-Smart IKM dengan tema “IKM Go Digital” yang sebelumnya sukses diselenggarakan di Semarang (Jawa Tengah), kini dilanjutkan di Kota Bogor.

Acara tersebut dihadiri 1.000 orang peserta yang meliputi IKM dan masyarakat umum dari wilayah Jabodetabek, Cianjur, Sukabumi dan wilayah lainnya di Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan 17 pelaku usaha dan teknologi seperti marketplace besar di Indonesia, logistik, perbankan, teknologi finansial dan teknologi informasi yang dikemas dalam konsep pameran, talkshow, dan workshop.

“Upaya pengembangan IKM melalui pemanfaatan teknologi digital ini untuk memacu IKM nasional berperan pada penerapan Revolusi Industri 4.0,” ungkap Airlangga.

(Abdul Hamid)