Jakarta, Aktual.co — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tidak akan membayar uang ganti rugi kepada Cabang Olahraga (Cabor) di Indonesia. Dana tersebut dikelauarkan oleh Cabor untuk penyediaan peralatan latih yang akan digunakan untuk Asian Games 2014 Incheon kemarin.

Diungkapkan Deputi V Bidang Keharmonisan dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot Dewa Broto, kepastian untuk tidak mengganti uang tersebut, didapat berdasarkan keputusan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Satu poin yang saya bisa informasikan ke media adalah bahwa Kemenpora tidak harus merembes dana yang telah dikeluarkan oleh pihak yang mengeluarkan uang kepada penyedia peralatan,” kata Gatot kepada Aktual.co di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (6/11).

Dan untuk mensosialisasikan keputusan LKPP itu, kata Gatot, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan para pengurus Cabor yang telah mengeluarkan dana untuk pengadaan peralatan latihan tersebut.

“Kami akan duduk bareng dengan pihak cabor. Kami juga tidak mau nantinya pihak cabor kecewa,” tandasnya.

Seperti diketahui, jelang digelarnya kejuaraan multi even se-Asia di Incheon, Korea Selatan beberapa waktu lalu, pihak Kemenpora di bawah pimpinan Roy Suryo, melakukan tender dengan perusahaan penyedia barang peralatan latih. Namun, hingga berakhirnya Asian Games itu hingga saat ini, peralatan yang telah dijanjikan belum juga menampakkan keberadaannya.

Padahal, pihak Cabor yang ikut dalam kejuaraan Asian Games itu, telah mengeluarkan dana terlebih dahulu kepada Kemenpora, sebanyak keperluan yang dibutuhkan oleh setiap Cabor.

()

()