Jakarta, Aktual.com – Apresiasi ini diberikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat pemaparan kondisi pertanahan Jember di Jakarta, Selasa (24/05). Presentasi itu dilakukan sendiri oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto dalam rangkaian kunjungan kerjanya di sejumlah kementerian.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto bertemu langsung dengan Menteri ATR/BPN Menteri, Sofyan A. Djalil dan berdiskusi.

Bupati Hendy Siswanto mempresentasikan keadaan pertanahan di Kabupaten Jember.
“Kami menargetkan program PTSL bisa rampung tahun ini, sudah terdapat 157.000 bidang tanah milik warga yang sudah disertifikatkan melalui PTSL dan sisa tinggal kurang 100.000 bidang lagi targetnya tahun ini dapat diselesaikan,” ujar Bupati Hendy di depan forum.

Selain itu, Bupati Hendy juga membahas mengenai beberapa program yang sedang dijalankan Pemkab Jember yang masih berkaitan dengan pemanfaatan lahan milik instansi lain seperti lahan golf dan bandara, serta lahan perhutani seperti Papuma, dimana kepemilikannya tetap namun pengelolaannya oleh Pemkab Jember.

Usai dialog, Bupati Hendy menyebut bahwa Menteri ATR/BPN bersama jajarannya akan hadir di Jember melihat langsung kondisi di lapangan demi memaksimalkan pemanfaatan lahan maupun hutan yang ada.
Termasuk pemberian sertifikat tanah di 41 desa dengan total lahan seluas 530 hektare, yang kini sedang ditempati oleh warga.

“Alhamdulillah pak Menteri bersama jajarannya akan terjun langsung ke Jember untuk meninjau langsung apa yang kami presentasikan dalam kesempatan kali ini,” pungkasnya.

(Kominfo Jember)

(Aminuddin Aziz)