Ilustrasi

Jakarta, Aktual.com – Sudah masuk di pertengahan bulan ya, gajian masih lama bulan depan! Membicarakan soal gaji, setiap kali gaji masuk dalam rekening karyawan, pastinya di hari tersebut kantor juga memberikan slip gaji. Kamu juga mendapatkannya, kan setiap bulan? Slip gaji adalah bukti tertulis yang berisi besaran gaji yang kamu terima beserta dengan rinciannya.

Slip gaji merupakan salah satu bukti tertulis yang penting kehadirannya saat masa penggajian karyawan, tanpa slip gaji akan ada beberapa masalah yang timbul antara perusahaan dengan karyawan. Oleh karena itu untuk menghindarinya, slip gaji wajib diberikan kepada karyawan ketika masuk di masa penggajian. Di masa serba digital ini, banyak perusahaan sudah menerapkan slip gaji secara digital loh! Ada banyak aplikasi pembuat slip gaji online yang sudah marak digunakan untuk mengganti slip gaji cetak, apakah kantor kamu termasuk penggunanya?

Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar slip gaji dari manfaat sampai slip gaji digital dari aplikasi pembuat slip gaji, simak sampai habis ya!

Fungsi Slip Gaji

Membicarakan slip gaji, kurang lengkap tanpa mengetahui apa kegunaan slip gaji dan tujuan dari pembuatan slip gaji itu. Berikut adalah tujuan dari pembuatan slip gaji dari perusahaan untuk karyawan.

1.Bukti Tertulis Gaji Karyawan

Perusahaan akan memberikan bukti tertulis yang sah dibuat kepada karyawan atas gaji yang sudah diberikan perusahaan selama bekerja. Selain sebagai tanda bukti bahwa gaji telah diberikan, slip gaji ini digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jika karyawan mengklaim dirinya tidak mendapatkan gaji ataupun besaran gaji tidak sesuai, maka perusahaan memiliki bukti slip gaji tersebut lengkap dengan tanggal diterima dan nominal gaji.

2. Bentuk Transparansi Perusahaan Atas Gaji Karyawan

Pemberian slip gaji kepada karyawan bukan tanpa tujuan, karena slip gaji adalah bentuk transparansi perusahaan dalam sistem penggajian kepada karyawan, sehingga tidak ada kesan perusahaan menggaji karyawan tanpa dasar. Oleh karena itu dalam slip gaji terdapat nilai akhir Gaji yang sudah terinci dengan jelas di slip gaji. Seperti pemotongan gaji, pemotongan untuk BPJS, uang lembur, THR, bonus, gaji pokok dan lain sebagainya.

Persoalan gaji pada perusahaan di Indonesia bersifat rahasia dan transparansi seakan masih begitu asing terdengar. Padahal seharusnya keterbukaan jauh lebih dibutuhkan sehingga tak lagi terkekang kode etik lama perusahaan. Pentingnya slip gaji di sini adalah perihal slip gaji yang tidak lagi menjadi dokumen rahasia perusahaan, melainkan informasi yang valid dan bisa diakses oleh semua karyawan.

Setelah mengetahui mengenai pentingnya slip gaji sebagaimana di atas, transparansi antara pihak perusahaan dengan karyawan salah satunya dibentuk dari adanya slip gaji. Sehingga kemungkinan kesalahpahaman di masa depan dapat dihindari.

Dengan slip gaji yang sudah jelas rinciannya, karyawan bisa mengetahui besaran pemotongan dan nominal yang lain dengan pasti sehingga tidak ada pertanyaan atau masalah  terkait gaji tersebut.

3. Bukti pembayaran resmi dan sah bagi karyawan

Pentingnya slip gaji diberikan kepada karyawan adalah sebagai pemberitahuan bahwa pemenuhan hak atas pekerjaannya berupa upah telah tertunaikan. Di sana akan tertera tanggal upah dikeluarkan dan dibayarkan karena dokumen ini dibuat bersamaan dengan jadwal penggajian. Dengan adanya slip gaji ini manfaat terpenting adalah terhindar dari bentuk perselisihan atas pemenuhan hak upah tatkala ada komplain dari karyawan yang mengaku belum menerimanya.

4. Slip gaji adalah bentuk bukti penghasilan dari karyawan

Selain sebagai bukti pembayaran yang sah dan juga merupakan bukti penghasilan kerja karyawan. Slip gaji bisa digunakan untuk bermacam keperluan salah satunya untuk kredit. Maka sisi pentingnya slip gaji di sini adalah membantu kreditur dalam mengetahui kesanggupan membayarnya atau bahkan menentukan layak dipinjami atau tidak.

Selain itu, dengan adanya slip gaji per bulannya, pekerjaan finance dan HR akan berkurang bebannya karena tak lagi memberikan pelayanan pembuatan surat keterangan seperti yang biasa diminta oleh karyawan.

Manfaat Slip Gaji untuk Karyawan

Selain dibuat untuk bukti tertulis dari perusahaan slip gaji juga memiliki manfaat yang penting loh untuk karyawan. Beberapa manfaat slip gaji yang berguna untuk karyawan.

1.Untuk Urusan Pendidikan Anak

Sekarang ini banyak anak yang masuk Perguruan Tinggi diminta untuk melampirkan slip gaji kedua orang tuanya, hal ini digunakan untuk mengetahui besaran pendapatan orang tua sehingga bisa menentukan UKT atau Uang Kuliah Tunggal untuk mahasiswa, semakin besar pendapatan orang tua maka UKT yang diberikan kepada mahasiswa juga semakin besar, begitu juga sebaliknya. Sistem pembayaran kuliah seperti ini, dinilai cukup adil untuk mahasiswa, karena uang kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa sesuai dengan kemampuan orang tua.

Beberapa program pemerintah seperti Bidik Misi maupun beasiswa lainya juga mensyaratkan slip gaji orang tua, tentunya hal ini untuk memfilter mahasiswa yang paling tepat untuk mendapatkan beasiswa dan bantuan.

2.Untuk Urusan Pinjam Dana Bank

Beberapa karyawan terkadang memerlukan pinjaman uang yang cukup besar, baik untuk keperluan bisnis ataupun yang lainya. Salah satu tempat yang bisa dipilih untuk melakukan pinjaman uang adalah bank.

Tahukah kamu jika slip gaji juga merupakan syarat yang harus disertakan saat kamu akan melakukan pinjaman di bank? Agar pengajuan pinjaman bank kamu diterima, salah satu   syaratnya adalah melampirkan slip gaji yang kamu miliki. Hal ini digunakan bank untuk mengetahui besaran gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya. Tentunya bank tidak ingin melepaskan uangnya untuk dipinjam oleh seseorang yang tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk mengangsur pinjaman uang. Hal ini untuk menghindari kesulitan pembayaran setiap bulannya. Jika kamu dinilai mampu untuk melakukan pembayaran angsuran, maka pihak bank juga akan menerima pengajuan pinjaman kamu.

3. Syarat Pengajuan KPR

Selain untuk syarat melakukan pengajuan pinjaman di bank, slip gaji juga dibutuhkan ketika Kamu ingin mengajukan KPR. Membeli rumah dengan sistem kredit ini adalah hal yang sangat lumrah dan masuk akal untuk karyawan yang memiliki pendapatan standar. Tanpa melakukan kredit membeli rumah adalah hal yang berat. Namun dengan sistem KPR ini kamu bisa memiliki rumah impianmu.

Slip gaji untuk pengajuan KPR juga hampir sama kegunaannya dengan bank, untuk melihat pendapatan perbulan dan menilai apakah kamu bisa mengangsurnya. Dalam kredit untuk rumah ini, setidaknya kamu harus memiliki pendapatan 3 kali lebih besar dari cicilan yang harus kamu bayarkan untuk KPR setiap bulannya. Apakah kamu berminat untuk mengikuti kredit rumah ini??

4. Syarat Pengajuan Kredit Kendaraan

Jenis kredit selanjutnya yang memerlukan slip gaji untuk syaratnya adalah kredit kendaraan bermotor. Untuk kamu yang ingin membeli motor maupun mobil secara kredit, harus menyiapkan slip gaji agar pengajuan pinjaman kendaraan bermotor kamu bisa disetujui. Tentunya juga melihat besaran gaji yang kamu miliki.

Format Slip Gaji Yang Baik

Slip gaji yang benar nantinya akan terdiri dari kelima komponen berikut, mulai dari informasi umum perusahaan, nominal pembayaran hingga bukti sah dokumen tersebut berupa tanda tangan atau cap perusahaan resmi. Berikut ulasan selengkapnya.

1.Nama Perusahaan

Komponen utama ketika membuat slip gaji adalah menyertakan informasi umum perusahaan seperti nama dan alamat. Biasanya, di bawah nama dan alamat perusahaan akan ada keterangan kerahasiaan dokumen berupa kalimat “Private and Confidential”. Ini berarti, dokumen tersebut adalah penting dan bersifat rahasia yang mana hanya orang-orang yang tertera namanya saja yang boleh mengetahui.

2. Data Karyawan

Informasi selanjutnya yang harus ada di slip gaji adalah data karyawan berupa nama, nomor pegawai, nomor NPWP dan data umum seputar nama divisi dan jabatan. Dalam data tersebut harus tertera tanggal pembayaran gaji dan rincian potongan yang didapatkan.

Adapun rincian pembayaran harus meliputi nominal penghasilan termasuk gaji pokok, tunjangan serta insentif lainnya jika ada. Sedangkan nominal potongan meliputi premi BPJS kesehatan, dan iuran lainnya yang disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan.

3. Keterangan Pembayaran Lengkap

Bagian terakhir adalah uraian lengkap pembayaran gaji, yang meliputi pendapatan sebelum pajak tahun berjalan, pendapatan setelah pajak tahun berjalan, pajak bulan berjalan, total pendapatan karyawan, dan nama bank sebagai lembaga pembiayaan.

Kelebihan Slip Gaji Online Pada Aplikasi Pembuat Slip Gaji

Apakah kamu sudah pernah mendengar mengenai slip gaji online? Metode pemberian slip gaji online ini sekarang sudah banyak dipilih loh terutama di masa pandemi seperti ini. Slip gaji online adalah slip gaji yang disampaikan kepada karyawan menggunakan teknologi digital, contohnya aplikasi pembuat slip gaji,  sehingga tidak lagi dicetak secara manual menggunakan kertas lagi. Slip gaji online ini bisa diakses jika perangkat atau aplikasi pembuat slip gaji terhubung dengan internet dimana saja dan kapan saja. Kenapa slip gaji online ini cukup efektif untuk karyawan? Berikut adalah beberapa kelebihan dari slip gaji online dari aplikasi pembuat slip gaji.

1. Menghemat Kertas

Seperti yang sudah dituliskan di atas, slip gaji online disampaikan secara digital lewat aplikasi pembuat slip gaji oleh karena itu sekarang penggajian tidak lagi mencetak slip gaji secara manual di atas kertas untuk seluruh karyawan. Jika ada banyak pekerja di perusahaan maka membutuhkan banyak kertas pula untuk mencetaknya. Penggunaan slip gaji digital melalui aplikasi pembuat slip gaji  merupakan satu langkah untuk menghemat kebutuhan kertas di kantor.

2. Lebih Hemat Waktu dengan Aplikasi Pembuat Slip Gaji

Selain untuk menghemat kertas, menggunakan slip gaji online dari aplikasi pembuat slip gaji juga merupakan langkah untuk menghemat waktu. Ketika kamu masih menggunakan slip gaji yang dicetak, maka waktu harus dikeluarkan untuk mencetak dan memotong slip gaji tersebut. Hal ini akan memakan banyak waktu dan tenaga apabila ada banyak karyawan dalam satu perusahaan dibanding saat dilakukan melalui aplikasi pembuat slip gaji.

3. Masalah Penyimpanan Aman dengan Aplikasi Pembuat Slip Gaji

Jika menggunakan slip gaji cetak, peluang slip gaji untuk hilang lebih besar. Padahal slip gaji selama 3 sampai 6 bulan belakang bisa digunakan sebagai syarat mengajukan kredit maupun pendidikan anak. Jika slip gaji hilang maka kamu akan kesulitan untuk mendapatkanya lagi. Sedangkan jika menggunakan slip gaji online dari aplikasi pembuat slip gaji, slip gaji beberapa bulan yang lalu masih bisa diakses dengan mudah jadi tidak akan takut untuk kehilangan slip gaji tersebut dan Anda dapat lebih mudah mencarinya kembali melalui aplikasi pembuat slip gaji.

Bagaimana? Sudah pahamkan pentingnya slip gaji untuk perusahaan maupun untuk karyawan. Slip gaji online memberikan banyak kemudahan untuk karyawan sehingga sangat direkomendasikan penggunaannya di perusahaan terutama yang memiliki banyak karyawan. Untuk mendapatkan slip gaji online bisa mendownload aplikasi pembuat slip gaji online Mekari Talenta yang menyediakan fitur slip gaji online, lebih lengkapnya silahkan kunjungi Talenta.co

(Arie Saputra)