Ilustrasi Halimah Hijab

Jakarta, Aktual.comHalimah hijab muslim wanita menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir. Hijab ini disukai karena memiliki desain yang masih kekinian tetapi tidak meninggalkan syariat Islam. Jadi, masih tertutup dan tidak menerawang.

Hijab ini mulai banyak tersedia di pasaran dengan warna yang cukup bervariasi. Bahan yang digunakan juga beragam tergantung dengan kualitas dan juga harga yang ditawarkan. Jadi kemungkinan ada yang harganya tinggi dan ada juga yang standar.

Apabila anda memutuskan untuk membeli produk hijab muslim ini ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal dalam artikel. Jadi, tidak akan membuat Anda mengalami kecewa karena salah membeli barang.

 

1. Tentukan Warna dan Motif

Normalnya motif yang ditawarkan untuk produk hijab cenderung polos tanpa ada tambahan sama sekali. Jarang sekali ditemukan hijab dengan pola yang bervariasi seperti ada totol-totol atau ada pola bunganya.

Meski demikian ada juga hijab yang memiliki motif bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, jika niat pembelian hijab akan digunakan untuk kegiatan keagamaan memang disarankan untuk memilih yang motifnya polos.

Untuk warna sebenarnya tidak perlu dipusingkan selama masih cocok dengan atasan pakaian yang nantinya dipakai. Selain itu, bisa juga cocok jika digabungkan dengan bawahan yang juga akan dipakai. Jadi bisa memilih warna senada atau warna-warna yang netral.

 

2. Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan untuk hijab sebenarnya tidak terlalu dipermasalahkan karena tidak akan terlalu banyak menempel pada kulit. Meski demikian bahan yang berkualitas juga akan memberikan rasa nyaman di area kepala ketika dipakai.

Pastikan untuk memilih bahan yang memang lembut untuk digunakan dan tidak akan menyebabkan alergi pada kulit kepala. Selain itu, bahan juga bisa mengalirkan udara dengan mudah sehingga tidak terasa panas.

Selain itu, pilih juga bahan-bahan yang tidak mudah kusut ketika digunakan. Jadi, meski sering dilepas atau diperbaiki bagian hijabnya tidak akan terlihat berantakan. Bahkan setelah dicuci sekalipun tidak perlu disetrika.

 

3. Harga yang Ditawarkan

Harga yang ditawarkan oleh produk hijab biasanya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Meski bentuknya sederhana seperti kain yang digunakan untuk penutup kepala ternyata hijab juga memiliki harga yang cukup tinggi.

Kemungkinan besar harga dari hijab yang cukup tinggi menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Jadi dengan bahan itu seseorang bisa menggunakan hijab hingga berkali-kali bahkan bisa sampai lebih dari 1 tahun.

Namun jika anda memiliki budget yang terbatas memang bisa membeli hijab jenis apapun. Yang paling penting bahan yang digunakan adem dan tidak akan menyebabkan alergi.

 

4. Kecocokan dengan Pakaian Lain

Jika membeli hijab yang harus dipikirkan terlebih dahulu apakah kain tersebut akan cocok dengan pakaian yang dikenakan atau tidak. Karena jika tidak cocok maka akan sia-sia untuk dibeli. Dipaksa untuk dipakai pun juga akan terlihat aneh.

Jadi, sebelum memutuskan untuk dibeli cek pakaian apa saja yang akan digunakan untuk menjadi pelengkap. Usahakan untuk memiliki warna yang senada agar bisa nyambung satu dengan yang lain. Selain itu bisa juga memilih warna yang netral.

Dengan memikirkan kecocokan ini warna dari hijab akan sesuai. Jadi ketika digunakan akan nyambung bahkan jika ditambahkan dengan aksesori lain seperti bros atau sejenisnya akan semakin menarik.

 

5. Merek yang Mengeluarkan

Ada banyak sekali merk hijab yang dikeluarkan di Indonesia mulai dari brand ternama hingga merk yang dikeluarkan oleh para artis. Hijab yang ditawarkan ada yang menggunakan bahan biasa dan ada juga bahan premium.

Desain yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari yang eksklusif hingga desain yang sedang trend. Tugas anda adalah memilih kira-kira merk mana yang memang sesuai dengan kebutuhan baik secara harga ataupun kualitas.

 

6. Kemudahan Perawatan

Kemudahan melakukan perawatan juga merupakan bagian terpenting ketika akan membeli hijab jenis apapun. Usahakan untuk memilih hijab yang bisa di cuci dengan deterjen apapun serta tidak perlu disetrika agar terlihat rapi ketika dipakai.

Terpenting dari semua usahakan untuk memilih hijab yang mudah kering ketika dijemur. Selain itu juga tidak akan mudah rusak ketika disetrika.

 

7. Rating yang Dimiliki

Rating yang didapatkan oleh penjual hijab juga sangat penting untuk diperhatikan. Dari rating itu akan terlihat bagaimana kualitas dari produk yang nantinya akan Anda terima setelah membeli. Jadi pastikan untuk memilih yang memang kualitasnya tinggi.

Kualitas produk yang ditawarkan di sana biasanya bervariasi ada yang biasa saja dengan rating standar dan ada yang tinggi dengan rating melebihi 4. Jadi cek satu-persatu dan juga sempatkan juga membaca komentarnya.

Hindari untuk membeli hijab dari toko yang belum memiliki rating sama sekali. Karena kemungkinan besar tidak diketahui apakah produk yang nantinya diberikan memang produk berkualitas atau justru produk yang biasa saja.

Hijab Halimah ini memang baru pertama kali masuk ke Indonesia. Ketenarannya mungkin akan sama dengan beberapa hijab versi lain seperti Paris atau pashmina. Namun memiliki ciri khas yang membuatnya tetap bisa digunakan untuk berbagai acara.

Jika membutuhkan hijab dengan kualitas yang bagus tanpa harus capek ke pasar atau mall. Disarankan untuk melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi Blibli. Di sana terdapat banyak sekali produk hijab berkualitas dengan harga yang bersaing.

(Nurman Abdul Rahman)