Jakarta, Aktual.com — Tahun ini menjadi tahun Haji bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi orang tua dalam mengajarkan kepada anak-anaknya tentang ritual Haji dan arti Haji tersebut.

Biasanya orang tua bingung bagaimana mengenalkan apa itu ibadah Haji kepada anak-anaknya. Berikut, beberapa cara untuk membantu orang tua menjelaskan Haji kepada anak-anak mereka.

Pertama, memulai dengan menjelaskan arti dari Haji, bahwasanya Haji termasuk di dalam Rukun Islam yang kelima di mana Haji itu sendiri yaitu, mengunjungi kabah pada bulan Dzulhijjah.

Kedua, menjelaskan ritual Haji secara singkat. Berbicaralah kepada mereka tentang bagaimana Haji dilakukan dan bagaimana ritualnya; pakaian ihram, tawaf, sa’yi, melempar jumrah, tahallul, dan merayakan Idul Adha.

Ketiga, menjelaskan tentang Kabah, orang tua bisa menjelaskan kepada anaknya bagaimana bentuk Kabah, Kabah merupakan Rumah Allah SWT yang berada di Mekah, Arab Saudi. Para orang tua juga bisa menjelaskan melalui gambar.

Keempat, menceritakan kisah Nabi Ibrahim A.S.

Kelima, tunjukan kepada anak-anak kita contoh pakaian ihram.

Keenam, menghafalkan talbiyah, orang tua mengajak anak-anaknya untuk menghafal talbiyah yang merupakan bacaan ketika tawaf dan mengajak anak untuk membaca bersama-sama takbir Ied.

Dan terakhir, yaitu mempraktekkan “Mini Haji”, dimana ketika keenam langkah sudah diperkenalkan kepada anak-anak, saatnya untuk latihan Haji agar upaya memperkenalkan Haji dapat diserap ke dalam otak anak-anak. (Laporan Reporter Aktual.com: M Fikry Hizbullah).

()