Jakarta, Aktual.com – Dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak virus corona atau Covid-19, Ketua Umum Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ), Shanty Widhiyanti membagi-bagikan nasi gratis.

Nasi gratis yang diberikan secara pribadi itu, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat dan petugas medis yang terimbas pademi virus corona sejak awal Maret 2020 ini.

Shanty mengatakan, aksi sosial ini diberikan sebagai langkah nyata sekaligus mengenang mendiang Sys NS. Terlebih, semasa hidupnya mendiang Sys NS selalu memiliki kepedulian terhadap masyarakat.

“Untuk itu, relawan GWJ baik di Indonesia maupun mancanegara juga diharapkan menerapkan kepeduliannya sama seperti mendiang Sys NS semasa hidupnya, yang peduli terhadap sesama,” kata Shanty, Senin (8/6)

Aksi bagi-bagi sembako dan porsi makanan gratis ini, kata Shanty dilakukan ke sebagian masyarakat dan petugas medis di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, yang berjuang melawan Covid-19.

Shanty melanjutkan, sebagian bantuan makanan ini juga dibuat oleh sejumlah warung-warung kecil di sekitar Kemang Timur, dengan tujuan bisa membantu perekonomian mereka agar tetap jalan. Apalagi, imbas corona, masyarakat kecil yang awalnya berpenghasilan harian jadi berkurang bahkan tak ada pendapatan.

“Dengan aksi nyata ini, jangan sampai warga di sekitaran kita yang membutuhkan bantuan justru terabaikan, terutama dalam hal makanan,” kata Shanty.

Nasi gratis yang diberikan itu, lanjut Shanty, tak hanya diberikan kepada masyarakat dan petugas medis, bagitu juga pengemudi ojek online, serta sekaligus memberdayakan warung nasi agar ekonomi mereka terbantu.

“Kegiatan ini jadi kontribusi nyata kami peduli kepada masyarakat yang lagi kesusahan akibat corona,” tutur Shanty.

Selain membagikan makanan, Ketua GWJ Perempuan Indonesia Keren (PIK) Gina Rachman melanjutkan, pihaknya juga mensosialisasikan jaga jarak, menggunakan masker bila rutinitas di luar. Dia meyakini aksi kegiatan ini minimal bisa membantu meredam penularan corona.

“Mari saling berbagi kepada yang membutuhkan. Tetap di rumah saja dengan mematuhi anjuran pemerintah mudah-mudahan kita semua terhindar dari Covid-19,” kata Gina.

Gina mengatakan, adanya aksi nyata yang dilakukan pihaknya, masyarakat sekitar merespons positif di tengah pandemi corona. “Alhamdulillah, adanya kegiatan ini bisa meringankan dan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pencegahan corona,” ungkap Gina.