Jakarta, aktual.com – Kepala staf Angkatan Laut Australia yang baru, Laksamana Madya Mark Hammond, berkunjung ke Indonesia dalam lawatan resmi perdananya ke luar negeri.

Dia akan menghadiri sejumlah pertemuan, termasuk dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono, selama kunjungannya pada 24-26 Juli.

Pertemuan itu akan memberi kesempatan bagi kedua pemimpin AL tersebut untuk membahas inisiatif kerja sama dan mengidentifikasi peluang untuk kolaborasi di masa yang akan datang.

Hammond memiliki karir yang panjang sebagai awak kapal selam dan mengomandani HMAS Farncomb. Dia memiliki pengalaman berlayar di kapal selam nuklir Prancis, Inggris dan AS; kapal selam Australia dan Belanda, dan berbagai kelas kapal permukaan.

“Berkunjung ke Indonesia sesegera mungkin menjadi prioritas saya,” kata dia.

Menurut Hammond, Indonesia adalah salah satu sahabat terdekat dan mitra strategis terpenting Australia.

“Saya sangat menantikan pertemuan dengan Laksamana Yudo untuk membahas rencana mendatang dan kerja sama yang lebih erat.” kata dia.

Selama berada di Indonesia, Hammond akan bertemu dengan para mahasiswa di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut di Jakarta.

“Ini adalah hubungan yang langgeng dan harmonis, yang akan terus menjaga agar kawasan Indo-Pasifik tetap aman dan sejahtera,” kata dia.

Australia dan Indonesia berbagi salah satu batas maritim terpanjang di dunia –lebih dari 2.200 mil.

Kedua negara memiliki sejarah panjang dalam kerja sama bidang pendidikan, pelatihan, dan kegiatan bersama angkatan laut.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)