Semarang, Aktual.com — Jadwal sejumlah kereta api dari rute Semarang-Jakarta mengalami keterlambatan satu jam lebih, paska kereta api barang bermuatan baja coil terguling di perlintasan jalur double track di KM 78+925/790 Sambong, Stasion Batang, Jawa Tengah, Senin (25/4), sekitar pul 09.30 WIB.

“Terlambat satu jam. Harusnya berangkat jam 15.00 WIB tapi tadi diumumkan lewat speaker kereta tiba pukul 16.00 WIB,” kata seorang calon penumpang Kereta Api Argo Angrek, Heru Eko Cahyono, di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/4).

Heru mengaku sudah biasa menggunakan kereta api apabila hendak bepergian ke Surabaya. “Kalau ada urusan pekerjaan ke Surabaya saya biasa pakai kereta. Praktis,” ujar pria yang mengaku bekerja di sektor swasta tersebut.

Meski begitu, perjalanan kereta dari arah Surabaya menuju Jakarta tidak mengalami gangguan. Seorang calon penumpang yang akan bertolak ke Jakarta mengaku akan naik kereta api Argo Muria seusai jadwal di tiket. “Nanti berangkat jam empat,” ujar pria yang mengaku tinggal di Cengkareng, Jakarta Barat.

Sementara, Manager Humas Daop IV Semarang Gatut Sutiyatmoko membantah jadwal kereta api komersil mengalami keterlambatan.

Pihaknya mengaku jadwal operasional tetap berjalan, meski ada pelambatan jadwal. “Tidak ada keterlambatan operasional, namun pelambatan jadwal saja,” beber dia.

Hingga saat ini, dua crane yang dikerahkan berhasil menderek sepuluh gerbong kereta api yang terguling.

(Nebby)