Solo, Aktual.com — Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Jayadi menjelaskan, ketinggian air Bengawan Solo di hilir Jawa Timur masih jauh di bawah siaga banjir.

“Ketinggian air di Bojonegoro juga Karangnongko, Ngraho, masih aman di bawah siaga banjir. Rabu siang, air Bengawan Solo di Bojonegoro kemungkinan akan naik,” ujar dia, Rabu (28/9).

Sementara, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro Sukirno belum tahu pasti pengaruh hujan di daerah hulu yang kemungkinan terjadi dalam dua hari ini.

“Kami belum tahu pengaruhnya. Yang jelas, faktor terjadinya banjir Bengawan Solo di hilir Jawa Timur tidak hanya dari daerah hulu Ngawi dan sekitarnya,” ujar dia.

Dia mengaku sudah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang, tanah longsor juga angin kencang.

Bahkan, katanya, BPBD sudah menginstruksikan seluruh desa-kelurahan untuk mengantifkan tim satgas penanggulangan bencana desa dengan menyiapkan dapur komunitas, lokasi pengungsian, juga berbagai keperluan lainnya.

“Sesuai prakiraan memasuki musim hujan bencana yang kemungkinan terjadi yaitu banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.”

(Wisnu)