Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Jakarta, Aktual.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi, akan berangkat ke ibu kota Kroasia, Zagreb, menghadiri forum yang mendukung kebebasan Ukraina, kata kantornya, Minggu (23/10).

Forum tersebut juga ditujukan untuk menyokong pengembalian Semenanjung Krimea kepada Ukraina.

“Pembahasan akan dipusatkan pada upaya masyarakat internasional untuk mendukung rakyat Ukraina serta membuat Rusia mempertanggungjawabkan kejahatan perang dan upaya pencaplokan ilegal,” kata kantor Pelosi melalui pernyataan.

Pelosi akan memberikan pidato pada forum tersebut dan “beliau akan menyampaikan pernyataan soal komitmen tak tergoyahkan dari Amerika untuk Ukraina,” demikian bunyi pernyataan itu.

Pelosi pada awal tahun ini mengunjungi Ukraina. Ia selama ini merupakan pendukung kuat pemberian bantuan, termasuk bantuan militer, bagi Ukraina sejak Rusia memulai invasi ke negara itu pada 24 Februari.

Forum yang dimaksud, KTT Platform Krimea, akan menghadirkan kalangan pejabat pemerintah Ukraina dan pakar luar negeri sebagai pembicara.

Mereka akan memusatkan pembahasan pada “parameter integrasi Krimea” setelah Moskow mencaplok semenanjung di Eropa Timur itu dari Ukraina pada 2014.

Sumber: Reuters

(Arie Saputra)