Jakarta, Aktual.co — Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Arief Mudatsir Mandan meninggal dunia di Rumah Sakit Omni Internasional Tangerang, Senin pukul 05.00 WIB.
Wakil Ketua DPW PPP Jateng Istajib mengaku terkejut dengan kabar duka tersebut dan tidak mengetahui pasti sakit yang diderita Arief Mudatsir Mandan.
“Sakitnya beliau, saya kurang tahu tapi kemungkinan (sakit) jantung,” kata mantan anggota DPRD Jateng itu, saat dihubungi.
Menurut dia, Arief Mudatsir Mandan adalah sosok politisi yang matang dalam berpolitik, tidak pendendam dan merangkul semua pihak.
“Saya sangat mengagumi kematangan politik beliau yang tidak dendam dalam berpolitik dan telah mengalami suka-duka berpolitik,” kata dia.
Dia mengatakan, saat ini Arief Mudatsir Mandan dipercaya menjadi pengurus berbagai organisasi, seperti Alumni Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Gerakan Pemuda Ansor.
“Beliau sekarang diketahui sebagai Ketua Alumni PMII Pusat dan salah satu ketua lembaga di PBNU,” kata dia.
Istajib juga mengaku belum mengetahui pasti dimana jenazah akan dimakamkan.
“Istri beliau menghendaki dimakamkan di Jakarta, tapi itu belum pasti karena keluarga besar beliau di Jepara,” kata dia.
Arief Mudatsir Mandan yang lahir di Jepara pada 11 November 1956 menikah dengan Tina Rosdiana dan dikaruniai dua anak.
Mantan anggota DPR RI ini adalah lulusan dari SDN Bangkalan Jepara pada 1968, PGA Jepara pada 1972 dan PGA Kudus pada 1974.
Setelah lulus dari PGA Kudus, Arief Mudatsir Mandan meneruskan pendidikan ke Fakultas Tarbiyah IAIN Yogyakarta lalu meraih predikat master dari Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia (UI) pada 1999.
Selain itu, Arief Mudatsir Mandan juga telah berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dengan disertasi yang berjudul “Ideologi Politik Bagi Kaum Santri: Makna Asas Islam Bagi Kiprah Politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP)”.

()

()