Beranda Nasional Ketua KPU Tegaskan Posisi TPD Penting Dalam Ungkap Fakta di Persidangan

Ketua KPU Tegaskan Posisi TPD Penting Dalam Ungkap Fakta di Persidangan

Ketua KPU Hasyim Asy’ari (Antara)

Yogyakarta, aktual.com – Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyebut peran penting Tim Pemeriksa Daerah lantaran tim tersebut memiliki pengetahuan tentang hal teknis terkait dengan tahapan penyelenggara pemilu. Pengetahuan itu, ungkapnya, akan sangat membantu Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk mengungkap fakta-fakta dalam setiap sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran.

“Keberadaan TPD unsur KPU sebagai majelis pemeriksa sidang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu, sangat penting,” ujar Hasyim saat memberikan pengarahan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Peningkatan Kapasitas Tim Pemeriksa Daerah (TPD) KPU Tahun 2022 di Yogyakarta, Selasa (1/11) lalu.

Hasyim pun mengingatkan penyelenggara pemilu merupakan profesi yang sangat mulia, dengan tugas dan wewenang yang sangat luas serta berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu, integritas dan kredibilitas penyelenggara pemilu perlu dijaga oleh rambu berupa kode etik,” kata Hasyim dilansir dari situs KPU.

Pada kegiatan ini, DKPP mengukuhkan 200 Anggota TPD periode 2022-2023. Adapun keanggotaan TPD dari masing-masing unsur terdiri dari KPU (2 orang tiap provinsi), Bawaslu (2 orang tiap provinsi) dan unsur dari Tokoh Masyarakat (2 orang tiap provinsi).

Sebagai informasi, TPD sejatinya adalah kepanjangan DKPP yang dibentuk dari unsur masyarakat, KPU Provinsi/KIP Aceh, Bawaslu Provinsi/ Panwaslih Provinsi Aceh. TPD mengemban tugas untuk menyelenggarakan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu di daerah.

(Megel Jekson)