Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta, Aktual.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia yakni mencapai 230 juta jiwa, tidak boleh hanya menjadi pasar bagi industri halal, tapi harus bisa menjadi pemain utama industri halal dunia.

“Apalagi, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin pada Januari lalu, juga telah mencanangkan ekosistem Global Halal Hub sebagai Gerakan Nasional Sinergisitas Menuju Indonesia Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024,” katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (25/5).

Menurut Bamsoet, panggilan akrabnya, laporan State of Global Islamic Economy Report 2020-2021 memprediksi tingkat konsumsi pangan halal dunia naik dari 1,17 triliun dollar AS pada 2019 menjadi 1,38 triliun dollar AS pada 2024.

Sementara, konsumsi mode muslim dan muslimah juga diprediksi akan meningkat dari 277 miliar dolar AS menjadi 311 miliar dolar AS.

“Peningkatan itu tidak hanya terjadi di negara-negara mayoritas penduduk Muslim seperti Timur Tengah, juga negara-negara mayoritas non-Muslim lainnya, seperti di Eropa. Konsumen non-Muslim juga meyakini keberadaan label halal tidak hanya terkait agama, tetapi juga terkait kebersihan dan keamanan produk,” katanya.

Bamsoet yang sebelumnya menerima kunjungan pengurus Yayasan Al Muttaqien Care di Jakarta, memuji langkah yayasan tersebut dalam berupaya membantu memudahkan pendataan dan verifikasi bagi 10 juta UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

(Arie Saputra)