Jakarta, Aktual.com — Sebagai ibu rumah tangga, sudah menjadi keseharian aktivitas dalam melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah dan perabotan dapur.

Namun, yang menjadi sulit untuk dilakukan ketika salah satu barang di rumah Anda sukar untuk dibersihkan. Hal itu biasa terjadi pada bagian dapur dan tempat-tempat yang tak terjangkau ‘si alat’ pembersih.

Untuk membersihkan peralatan rumah tangga Anda seperti microwave, kulkas, kompor serta barang dapur lainnya, tentunya membutuhkan tenaga ekstra serta memakan cukup waktu Anda. Dalam artikel ini, Aktual.com akan membantu Anda membersihkan dapur yang penting dengan cara yang aman serta alami.

Tips yang disebutkan dalam artikel ini akan membersihkan secara mudah dan menyenangkan bagi Anda. Sekarang, anda tidak perlu menggaruk microwave dan lemari es dari dalam untuk menghapus kerak makanan. Anda dapat membersihkan sisa noda dengan semprotan tunggal pembersih alami yang dapat Anda buat di rumah.

Bahan-bahan yang disebutkan di sini tersedia di dapur Anda dan mudah diperoleh. Manfaatkan untuk memudahkan pembersihan dan membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mempraktekkannya, demikian laman Boldsky melaporkan.

Tips membersihkan kulkas
Membersihkan kulkas menjadi pekerjaan yang cukup sibuk. Karena yang Anda butuhkan adalah mengeluarkan semua barang-barang di dalam kulkas dan setelah dibersihkan Anda harus menaruhnya kembali. Tetapi ada kabar baiknya yakni, Anda tidak perlu repot, karena Anda dapat membersihkan kulkas Anda dengan hanya menyemprotkannya.

Buatlah campuran dua bagian air dengan 1 bagian cuka putih dengan beberapa tetes minyak lemon. Semprotkan dengan campuran ini dan kemudian bersihkan. Cairan tersebut membuat noda kotor di dalam kulkas Anda dengan mudah teratasi

Membersihkan telenan kayu
Untuk membersihkannya, potong sedikit lemon, kemudian taburi sedikit garam pada talenan dan menggosok sepotong lemon terhadap papan. Gunakan ‘scraper’ untuk menggaruk garam dan lemon. Selain bersih, telenan kayu Anda tidak berbau amis.

Membuat lap pembersih sendiri
Membeli lap pembersih di supermarket bisa menjadi sangat mahal jika Anda selalu membelinya ketika rumah Anda kotor. Anda dapat membuat lap sendiri menggunakan kaos yang sudah tidak terpakai. Rendam kaos Anda dalam cuka dan air, itu membantu menciptakan seperti tisu pembersih untuk perabotan Anda

Membuat desinfektan alami
Anda dapat membuat desinfektan bebas kimia, hemat biaya, dan aman di rumah Anda. Campur bubuk boraks, cuka, dan kulit jeruk. Masukkan ke dalam botol semprot dan menggunakannya untuk membersihkan permukaan dapur dan kamar mandi.

Membersihkan oven secara mudah
Sekarang, tidak perlu untuk menempatkan bahan kimia di dalam oven Anda untuk membersihkan. Anda dapat membersihkan oven Anda secara mudah dengan menggunakan baking soda. Campur 1/2 cangkir baking soda dengan beberapa sendok makan air. Pakailah sarung tangan dan bersihkan dengan spons atau sikat dicelupkan dalam larutan baking soda.

Membersihkan sisa makanan di dalam microwave
Noda ini sulit untuk dibersihkan baik menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya yang tidak aman bagi kesehatan, karena itu adalah tempat makanan. Anda bisa membersihkannya dengan aman dan mudah.

Rendam spons dalam campuran minyak lemon dan air. Selanjutnya, semprotkan campuran yang sama dalam oven. Beralih pada oven selama 5 menit dan kemudian membiarkan spons dingin. Setelah beberapa waktu, Anda dapat menghapus bagian dalam microwave dengan mudah.

Membersihkan panci teflon
Mencuci menggunakan air sabun tidak baik untuk peralatan besi Anda seperti teflon dan beberapa panci besi. Anda dapat dengan mudah membersihkan peralatan tersebut dengan campuran minyak zaitun dan garam laut.

Tuangkan satu sendok makan minyak zaitun ke alat tersebut, tambahkan garam laut dan gosok dengan kain. Kemudian, bersihkan garam dengan kain katun tipis dan menyelesaikan dengan lapisan tipis minyak zaitun.

()