Surabaya, aktual.com – Koalisi Indonesia Bersatu siap menggelar Silaturahmi Nasional KIB di Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8), guna menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

“KIB Kota Surabaya menyambut baik pertemuan Silaturrahim Nasional di Surabaya dan mengucapkan selamat datang kepada segenap ketua umum parpol yang tergabung di KIB,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Surabaya Arif Fathoni di Surabaya, Jumat (12/8).

Silaturahmi nasional tersebut bakal dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa serta ketua DPW dan DPD dari masing-masing parpol.

Menurut dia, kegiatan tersebut secara tidak langsung ikut bantu upaya pemulihan ekonomi yang sedang digalakkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Kegiatan tersebut, kata dia, meningkatkan okupansi hotel, meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar lokasi acara, dan bergeraknya ekonomi mikro, seperti petugas pemasang bendera dan pemilik sablon di Surabaya.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta maaf kepada warga Surabaya yang mungkin saja terganggu dengan padatnya aktivitas lalu lintas di sekitar acara. Selain itu, banyaknya bendera parpol yang terpasang yang mungkin mengganggu estetika kota.

Ketua DPD PAN Surabaya Mahsun Jayadi mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Silaturahmi Nasional KIB pada hari Minggu (14/8).

“Kami memaknai bahwa KIB ini adalah sebuah bentuk sinergi membangun koalisi di antara tiga parpol dalam mempersiapkan Pilpres 2024,” kata dia.

Ia berharap sinergitas tidak hanya pada tataran Pilpres saja, tetapi juga pada pemilu anggota legislatif (pileg) dan Pilkada Surabaya.

“Saya sudah berdiskusi dengan Golkar, jika KIB ini solid, bisa menjadi daya tawar yang tinggi saat pemilu. Tidak menutup kemungkinan pada Pilkada Surabaya juga,” ujar Mahsun.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Surabaya Ali Mahfud mengatakan bahwa pihaknya mendukung Silaturahmi Nasional KIB di Surabaya.

“Sinergi tiga parpol baik di pusat dan daerah sudah solid. Saya yakin membawa keberkahan. Kalau keberkahan pasti manfaat,” ujarnya.

Ali mengatakan bahwa pihaknya sudah sering berkomunikasi dan bertemu dengan ketua parpol di KIB Surabaya untuk membuat komitmen bersama dengan tujuan tidak hanya pada persiapan Pilpres, tetapi juga pada pileg dan Pilkada Surabaya.

Mengenai persiapan Silaturahmi Nasional KIB, kata Ali, khusus untuk DPC PPP Surabaya sudah memasang banner dan baliho di tiga titik serta 200 bendera parpol.

“Kami pasang itu supaya terlihat gebyar Silaturahmi Nasional KIB di Surabaya,” kata Ali.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)