Jakarta, Aktual.com – Aktivitas Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur meningkat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Raung, yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (25/1) menyatakan adanya kilatan cahaya api bersamaan dengan semburan material abu vulkanik Raung.

Kilatan cahaya api tersebut menandakan terjadinya muntahan lahar dari perut Raung, yang menyembur dan masih tertampung di kaldera Raung.

Fenomena kilatan cahaya api berwarna merah terekam, pada Minggu 24 Januari 2021 malam hingga Senin dini hari. Semburan lahar panas tersebut memantulkan cahaya kilatan dan terlihat jelas di antara material abu vulkanik yang menyembur di puncak Raung.

Meski demikian, erupsi Gunung Raung sejak ditetapkan status Waspada pada level II, masih dalam skala kecil.

Data pos pengamatan Gunung Raung mencatat, selain semburan vulkanik dan cahaya api, Gunung Raung juga tercatat mengalami gempa hembusan sebanyak 56 kali, dan gempa tremor sebanyak 56 kali dengan durasi 113 hingga 232 detik. (RRI)

(Warto'i)