Beranda Nasional KKP Resmi Buka Aquarium Indonesia di Pangandaran

KKP Resmi Buka Aquarium Indonesia di Pangandaran

Aquarium Indonesia di Pangandaran (Antara)

Pangandaran, aktual.com – Aquarium Indonesia di Pangandaran yang menjadi salah satu akuarium terbesar di Indonesia, secara resmi mulai dibuka untuk masyarakat umum. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), I Nyoman Radiarta menegaskan hal tersebut dalam soft opening Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia di Pangandaran, Sabtu (17/12) kemarin.

“PIAMARI (Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute) saat ini telah bertransformasi menjadi Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia,” ujar Nyoman Radiarta dalam siaran pers.

Dirinya pun mengatakan pengelolaan Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia dilakukan oleh BRSDM melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal yang diberikan fleksibilitas mengelola keuangan.

“Dengan adaya KSO (Kerja Sama Operasional) ini, maka dapat mengurangi beban pemerintah,” ungkap Nyoman.

Saat ini, pihaknya masih terus melakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan hingga grand launching oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Tahun 2023. Namun demikian, dengan adanya soft opening tersebut, saat ini masyarakat sudah dapat menikmati Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia. Ia pun berharap Aquarium Indonesia dapat bermanfaat sebagai konservasi dan edukasi bagi masyarakat luas dalam memperkenalkan ikan-ikan tropis air laut yang beraneka ragam.

Senada, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas soft opening Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia sebagai destinasi wisata baru di Pangandaran. Bupati Jeje pun berharap lokasi wisata ini dapat meningkatkan perekonomian di kabupaten tersebut.

“Terima kasih KKP, mudah-mudahan tempat ini bermanfaat bagi KKP, Pemda, dan masyarakat semua,” ungkap Jeje.

Seperti diketahui, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono megapresiasi dan mendukung hadirnya Aquarium Indonesia di Pangandaran (sebelumnya bernama PIAMARI) pada saat mengunjungi akuarium raksasa tersebut tahun lalu. Ia berharap BRSDM terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan akuarium tersebut. Ia juga berharap dapat dibangun akuarium serupa di tempat lain, seperti di daerah Timur Indonesia.

(Megel Jekson)