Jakarta, Aktual.com – Kodam Jaya usulkan airboat jadi alat transportasi ke depan di Kali Ciliwung.

Ujicoba dilakukan Minggu oleh Pangdam Jaya Mayen Agus Sutomo, dari Kali Ciliwung yang melintas di Rindam Jaya, Condet Jakarta Timur sampai ke Rawajati, sejauh 3 kilometer, Minggu (9/8).

“Semoga Airbot bisa menjadi solusi dan alternatif bagi moda transportasi di Jakarta masa depan. Di samping itu bisa menjadi alat angkut untuk wisata air Ciliwung,” kata dia, Minggu (9/8).

Di masa jelang melepas jabatannya ini, Agus berharap program-program Kodam Jaya yang berkaitan dengan Kali Ciliwung, seperti Ciliwung Bersih yang sudah berjalan delapan bulan, bisa terus berlanjut.

Kata dia, program Ciliwung Bersih menjadi suatu bukti nyata dalam kepedulian. Meskipun kondisi sungai yang diharapkan sampai saat ini belum dapat tercapai.

“Masih perlu banyak kepedulian semua pihak yang ada di Ibukota untuk sama-sama mewujudkan Ciliwung yang bersih, indah, dan sehat,” ucap dia.

Adapun airbot merupakan sejenis perahu yang digerakkan dengan baling-baling di bagian atas perahu.

Menurut Agus, airbot cocok dioperasionalkan di Ciliwung untuk menjadi moda transportasi ke depan. Karena baling-baling penggerak tidak terendam air. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir perahu akan kandas ketika airnya surut.

“Airboat ini juga ramah lingkungan karena tidak akan merusak dan membunuh biota dalam sungai karena propeler tidak di bawah air akan tetapi dia atas perahu,” ujar si pembuat airbot Endang Wachyan.

()