Jayapura, aktual.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1708/BN menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Aparat Komando Wilayah (Apkowil) di Aula Kodim 1708/BN Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa (20/12).

Dandim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel Manalu dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan peningkatan Apkowil melibatkan 95 peserta yang meliputi para danramil dan babinsa jajaran Kodim 1708/BN.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka membekali, sekaligus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel Kodim 1708/BN, khususnya para babinsa guna mendukung pelaksanaan pembinaan teritorial, termasuk kemampuan deteksi dan cegah dini demi terwujudnya kondusivitas wilayah,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisis, mengambil tindakan perubahan, dan dinamika perkembangan di wilayah.

Kegiatan itu mengusung tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial untuk Membantu Pemerintah Daerah Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan di Wilayah”.

Dia menjelaskan para narasumber pada kegiatan peningkatan Apkowil, yakni Pasi Ter 1708/BN Kapten Inf Sutrisno yang menyampaikan materi terkait media sosial dan hoax.

“Kemudian Pasi Ops 1708/BN Lettu Inf Harsudin yang menyampaikan materi ekonomi kerakyatan) dan Pasi Log 1708/BN Letda Inf M. Salurapa terkait netralitas TNI serta Danramil 1708-01/BK Kapten Inf Irianto tentang UMKM dan teknologi terapan,” ujarnya.

Dia menambahkan dengan materi yang disampaikan para narasumber diharapkan peserta Apkowil dapat menerapkan saat melaksanakan tugas di wilayah.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)