Jakarta, Aktual.co — Komisi Disiplin (Komdis) PSSI meminta kepada Komite Wasit PSSI, untuk memberhentikan sementara wasit yang memimpin pertandingan antara PSS Sleman kontra PSIS Semarang, Hulman Simangunsong.

Dikatakan Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan, pemberhentian sementara Hulman Simangunsong ini, karena ketidakmampuannya untuk menghentikan pertandingan antara PSS Sleman melawan PSIS Semarang.

Padahal, pertandingan tersebut, syarat dengan kecurangan, dan telah mencederai azas fair play olahraga, khususnya sepakbola.

“Bukan di pecat, tapi tidak diberi tugas dulu, sambil menunggu pendalaman fakta yang dilakukan oleh Komdis,” ungkap Hinca di sekretariat PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/10).

Lebih jauh dikatakan Hinca, meski berdasarkan pada peraturan wasit FIFA, wasit pertandingan tetap mempunyai wewenang untuk memberhentikan laga.

“Wasit tetap punya kuasa untuk memberhentikan laga. Pertandingan itu sudah jelas melanggar prinsip-prinsip sepakbola. Harusnya wasit tidak melanjutkan pertandingan,” pungkasnya.

()

()