Darajad Kardono, Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi
Bekasi, Aktual.com– Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daradjat Kardono mendorong, Dinas Sosial untuk memberi data terkini secara berkala, supaya dapat mengetahui profil masyarakat di Kota Bekasi. Selain itu, agar kedepan jika ada pengelolaan bantuan-bantuan tidak terjadi salah sasaran.
“Ya kami meminta Dinsos menyajikan data terupdate secara berkala, sehingga profil dari masyarakat kita bisa diketahui. Selain itu, hal ini diharapkan bisa menjadikan pengelolaan bantuan-bantu tidak salah sasaran,” katanya saat ditemui di parkiran DPRD Kota Bekasi, Senin (13/6).
Menurutnya, apa yang dimintanya itu sampai kini masih menjadi PR bagi Dinsos agar bisa diselesaikan, pasca jajaran Komisi IV selesai melaksanakan uji petik terkait persoalan dari instansi yang menjadi mitra kerja Komisi IV.
“Jadi, data yang akurat tentu memudahkan juga pekerjaan pemerintah dalam melakukan identifikasi,” kata politisi PKS ini.
Sebagai informasi, bahwa pada tahun 2022 penerima bantuan 784 anak yang terdampak Covid-19 untuk yatim piatu yang ditinggalkan orangtuanya oleh Dinas Sosial telah terdapat penurunan data dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 946 anak. Dan hal ini pun diakui, karena berbagai faktor seperti pindah domisili dan ada pula mengikuti keluarganya.
“Data-data ini menjadi contoh kenapa kami meminta ada data terupdate secara berkala, sehingga bisa menghindari penyaluran yang tidak tepat sasaran atau disalahgunakan,” tutupnya. (ADV)
(Nurman Abdul Rahman)