Jakarta, aktual.com – Sports Week 2022 yang diselenggarakan resmi dibuka. Acara dilaksanakan di Plaza Timur GBK, yang dibuka dengan senam SKJ bersama, bincang singkat terkait event, dan pembacaan deklarasi Jakarta Sports Week 2022 dari komunitas-komunitas olahraga yang berpartisipasi yang didukung oleh IFG Life dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Acara dibuka oleh Uus Kuswanto selaku Askesra (Asisten Kesejahteraan Rakyat) DKI Jakarta mewakili PJ. Gubernur, Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Tedi Cahyono selaku Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Juaeni selaku Wakil Walikota Jakarta Utara, Bakwan Ferizan Ginting selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Saviera selaku Ketua Komunitas Strongman – POKSI, Ramdani Murtadho selaku Ketua Komunitas Parkour Jakarta, Dadit Purnadaya selaku perwakilan Komunitas Indosweatcamp, Indra Gunawan selaku Founder Komunitas JKTRideNow, M. Irfandi Nurkamil selaku perwakilan Komunitas IKASI (Anggar) dan Mela Gunawan selaku Co-Founder Komunitas FITBOX.

Uus Kuswanto selaku Askesra (Asisten Kesejahteraan Rakyat) DKI Jakarta mewakili PJ. Gubernur berharap acara Jakarta Sports Week tetap bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan lebih baik lagi kedepannya.

“Semoga Jakarta Sports Week bisa menjadi hiburan dan menyajikan atraksi dan pengalaman kepada pengunjung dan berharap kedepannya bisa terus bersinergi dan berkolaborasi seperti saat ini,” ungapnya.

Melihat sports menjadi salah satu potensi pariwisata, Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menyatakan bahwa kegiatan Jakarta Sports Week bisa tetap menjaga sensibilitynya dan mengukuhkan posisi Jakarta.

“Olahraga yang sudah dilaksanakan dalam Jakarta Sports Week diharapkan tetap dijaga sensibility-nya dan semakin mengukuhkan posisi Jakarta sebagai destinasi pariwisata olahraga atau sports tourism,” ungkapnya.

Menurut Tedi Cahyono selaku Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta mengatakan bahwa bentuk kegiatan olahraga saat ini diikuti dengan perkembangan komunitas olahraga.

“Banyaknya bentuk kegiatan olahraga saat ini, yang diikuti oleh berkembangnya komunitas olahraga terus akan ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan peran dan posisi komunitas sebagai tempat berkumpul orang-orang dengan minat yang sama,” ungkap Tedi.

Deklarasi Jakarta Sports Week diikuti oleh komunitas-komunitas olahraga yang berpartisipasi di antaranya POKSI DKI Jakarta, Parkour Jakarta, JKTRideNow, IKASI DKI Jakarta, Indosweatcamp dan FITBOX. Pembacaannya diwakili oleh Ramdani Murtadho dari Parkour Jakarta, yang berisi sebagai berikut:

Siap merayakan semangat olahraga bersama-sama.

Siap bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Akan mematuhi segala aturan dan protokol kesehatan yang berlaku.

Mendukung penuh Jakarta sebagai kota tujuan Sports Tourism di Indonesia.

Simbolisasi opening ceremony ditandai dengan penekanan air horn yang dilakukan secara bersama-sama. Dengan demikian berbagai kompetisi olahraga di Jakarta Sports Week 2022 dimulai.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)