Jakarta, Aktual.co — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berharap, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dapat semakin memantapkan pembinaan olahraga. Ini untuk meningkatkan kembali prestasi olahraga Indonesia di ajang internasional.

“Kami juga berharap agar Menpora yang baru dapat membawa angin segar untuk meningkatkan prestasi para atlet di forum internasional,” kata Ketua KONI Pusat, Tono Suratman dalam Rapat Koordinasi KONI se-Indonesia di Jakarta, ditulis Jumat (7/11).

Dia menjelaskan, KONI beserta segenap jajaran patriot olahraga sebagai mitra pemerintah tidak hentinya berusaha melakukan yang terbaik dalam rangka tugasnya membantu pemerintah.

“Koni membantu dalam membuat kebijakan nasional, mengkoordinasikan induk organisasi cabang olahraga, melaksanakan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi,” ujarnya.

Tono menuturkan, hal tersebut dilakukan sebagai mana telah diamanatkan dalam pasal 36 Undang-Undang Sistem Olahraga Nasional Nomor 3 Tahun 2005. Di mana itu juga merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam mendukung secara penuh upaya KONI dalam pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di seluruh tanah air.

Selain itu, pelaksanaan rakor yang diikuti oleh 190 KONI provinsi dan induk organisasi olahraga di seluruh Indonesia ini juga membahas mengenai mundurnya prestasi Indonesia di Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan, persiapan SEA Games di Singapura, Olimpiade Brazil 2016, serta Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Baru saja dilalui, September kemarin, ternyata kita belum mampu berbuat banyak di Asian Games sehingga kita akan evaluasi hal ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan, selain kegiatan olahraga di tingkat internasional, KONI juga akan menghadapi kegiatan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja ke-2 di Jawa Timur, PON ke-19 di Jawa Barat, dan rencana PON ke-20 di Papua.

()

()