Jakarta, Aktual.co — Saat disahkannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara tidak langsung oleh DPR, market bereaksi sangat cepat. Begitu juga dengan penetapan ketua MPR yang baru, yaitu Zulkifli Hasan.

Liza Lavina sebagai Intermediary Business dari Schroders mengatakan bahwa pasar memiliki reaksi yang cepat dari yang diekspektasikan banyak orang.

“Kita lihat pasar langsung anjlok waktu Pilkada secara tidak langsung disahkan oleh DPR, lalu penetapan Ketua MPR yang baru juga sama. Ini kan berarti pasar punya kekuatan tersendiri,” ujarnya saat ditemui sore tadi (15/10) di Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini pasar wait and see tentang isu kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), jika harga yang dinaikkan tidak sesuai keinginan pasar dan waktunya yang tidak tepat, maka pasar akan kembali anjlok.

“Selain isu penaikkan BBM, pasar juga melihat apakah infrastruktur yang dijanjikan itu dijalani atau ngga sama pemerintahan baru. Pasar ngga perlu real infrastruktur, dengan platform nya saja saya optimis persentasenya akan naik,” pungkas Liza.

Seperti diketahui bahwa Jokowi sebagai presiden terpilih dalam salah satu programnya akan membuat dan memperbaiki infrastruktur yang ada di Indonesia, menaikkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan mematok dollar di bawah level Rp12.000.

()

(Eka)