Jakarta, aktual.com – Kualitas udara Jakarta kembali terpantau memburuk. Hal itu berdasarkan data IQAir.com pada 19 Juli 2021 pukul 04.00 WIB.

Berdasarkan catatan IQAir.com, indeks kualitas udara Jakarta tercatat mencapai 162 dalam katagori tidak sehat dan menempati uratan pertama sebagai udara terburuk dunia. Sementara konsentrasi polusi PM 2.5 tercatat mencapai 76,2 µg/m³.

Karena itu, masyarakat diajak untuk beralih penuh gunakan bahan bakar minyak ron tinggi, seperti Pertamax Series. Tak hanya membuat kendaraan mondar-mandir ke bengkel, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan Research Octane Number (RON) rendah bisa meningkatkan risiko kerusakan mesin yang fatal.

Kendaraan juga bakal lebih terdengar kasar sehingga bisa menyebabkan menurunkan performa atau unjuk kerja kendaraan bila konsusmsi BBM RON rendah.

“Secara otomatis itu akan mempengaruhi kepada kualitas udara. Udara pun akan menjadi kotor secara tak kasat mata,” kata pengamat otomotif Anton Fiat ketika dihubungi wartawan, Rabu (21/7).

(Zaenal Arifin)
1
2
3
4
5
6