Kondisi wilayah terdampak banjir bandang, di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (4/11).

Batu, Aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyatakan bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis (4/11) bertambah.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, hingga saat ini tercatat lima orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir bandang yang terjadi pada enam wilayah di Kota Batu tersebut.

Agung menjelaskan, tiga korban tambahan yang saat ini belum teridentifikasi tersebut ditemukan tim gabungan pada Jumat (5/11) pagi. Sementara dua lainnya telah teridentifikasi atas nama Wiji, dan Sarip warga Dusun Sambong.

“Total lima orang. Yang diselamatkan enam, dan dalam pencarian ada empat,” ucap dia, Jumat (5/11).

Selain dilaporkan lima warga meninggal dunia, data terakhir dilaporkan tersisa empat orang dalam pencarian.

Sementara itu, untuk korban selamat, tercatat ada enam orang, yakni Bayu Agung Setiawan warga Toyomerto, Saiful warga Toyomerto, Fainis warga Sumbersari, Linda Ariesta warga Dusun Kajar, Muhoratul Jannah warga Jln. Samadi, dan Arif warga Kota Malang.

Tim gabungan juga terus berupaya melakukan langkah-langkah percepatan penanganan banjir bandang dengan mengutamakan operasi pencarian pertolongan, pembersihan sisa material banjir bandang, mendirikan tempat pengungsian dan distribusi logistik kepada para penyintas.

Sementara dalam keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah dilakukan upaya percepatan penanggulangan bencana dengan mengirimkan beberapa jenis bantuan.

Jenis bantuan yang didistribusikan BNPB tersebut meliputi selimut 200 lembar, tenda pengungsi dua unit, lauk pauk 201 paket, matras 200 lembar, makanan siap saji 204 paket dan masker 2.000 lembar.

Banjir bandang terjadi di wilayah Kota Batu pada Kamis (4/11) siang kurang lebih pukul 14.00 WIB.

Banjir bandang tersebut menyebabkan enam wilayah di Kota Batu yang terdampak. Enam wilayah itu adalah Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, kecamatan Batu, dan Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Kemudian, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu dan Dusun Gemulo, Desa Punten Kecamatan Bumiaji.

(Antara)

(Wisnu)