Jakarta, aktual.com – Sejumlah warga korban kebakaran Kampung Bali Matraman, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan, tengah bersiap untuk proses relokasi yang akan dilakukan besok (14/7), dari mulanya di Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai, dijadwalkan akan dipindah ke Masjid Al-Falah yang tak jauh dari lokasi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, persiapan yang dilakukan warga antara lain mengemas sejumlah makanan instan, perlengkapan sekolah anak-anak, hingga beberapa set pakaian yang didapatkan dari bantuan berbagai pihak.

“Sudah saya bungkusin, baju-baju, mi instan, selimut, sudah mulai beres, buat pindahan besok,” ujar Dwi, salah satu korban di posko SDN 05 Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7).

Selain relokasi, beberapa warga mengaku tengah mempersiapkan diri mereka untuk melihat sisa rangka tempat tinggalnya yang telah habis dilalap api yang terjadi Rabu (10/7) lalu.

Salah satunya Lastri, warga RT13 yang mengaku ingin melihat puing-puing rumahnya sebelum pindah ke kontrakan baru di kawasan Manggarai.

“Iya jadi besok, sekalian saya mau pindahan ke kontrakan baru, saya mau lihat bekas rumah saya dulu,” kata dia.

Sementara itu, hari ini, kegiatan kerja bakti pembersihan sisa puing-puing kebakaran di Kampung Bali Matraman, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan masih dilakukan dan berfokus pada pengangkutan bantuan-bantuan logistik korban, di antaranya pakaian, makanan instan, dan air minum.

Proses pembersihan dibantu dengan tiga truk, 80 orang personil kebersihan di hari Jumat dan Sabtu, serta 150 personil kebesihan di hari Minggu (14/7) dan diharapkan Minggu sore sudah bersih dan warga mampu direlokasi.

Selain masyarakat RW07, kegiatan ini turut dibantu oleh Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), TNI, Polri, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan, Satpol PP, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD).

Ant.

(Zaenal Arifin)