Jakarta, Aktual.co —Bus Transjakarta koridor satu dengan rute Blok M-kota masih beroperasi hingga pukul 09.00 WIB saat berlangsungnya pelantikan presiden terpilihJoko Widodo dan wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla.
Koridor satu yang melayani rute halte Blok M, mesjid Agung, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Polda, Bendungan Hilir, Karet, Setiabudi, Dukuh Atas, Tosari, Bundara HI, Sarinah, Bank Indonesia, Monumen Nasional, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo, Glodok dan Kota.
Dari pantauan di lapangan, lalu lintas di depan pintu Parkir Timur Senayan yang padat merayap pada pukul 07.30 WIB, mulai sepi pada pukul 09.00 WIB. Meskipun demikian, bus Transjakarta masih terlihat lewat dengan isi penumpang yang tidak banyak.
Salah seorang penumpang Transjakarta di halte Gelora Bung Karno, Susi Rianti mengatakan busway menuju Harmoni masih beroperasi.
“Petugas busway bilang masih ada bus yang ke arah Harmoni, makanya saya berani tunggu,” katanya, Senin (20/10).
Selain Susi, Rudi Irmawan yang juga menunggu busway menuju Blok M mendapat informasi serupa.
“Diinfo sampai jam 10.00 WIB masih ada busway jadi saya berani tunggu di halte GBK,” katanya.
Sekitar 20’an penumpang masih menunggu busway di halte GBK. Sedangkan lalu lintas mulai sepi, namun penjagaan aparat kepolisian masih ditempatkan di beberapa titik. Situasi di kawasan Senayan masih aman dan kondusif, massa yang direncanakan akan berkumpul di Parkir Timur Senayan hingga berita ini diturunkan belum juga tampak.
Sebelumnya direncanakan pada pukul 11.15 WIB Jokowi-JK meninggalkan Gedung DPR/MPR/DPD menuju Bundaran HI. Pukul 11.30 WIB Jokowi-JK tiba di Bundaran HI dan naik kereta kencana untuk diarak hingga Istana. Lalu pada pukul 12.30 WIB tiba di istana negara disambut mantan Presiden SBY. Dilanjutkan dengan upacara penyambutan, tur singkat keliling istana, lalu pelepasan SBY keluar Istana.
Pukul 15.00 WIB Jokowi-JK ikut pesta rakyat di Monas yang dimeriahkan musik Slank. Pukul 17.00 WIB Jokowi-JK kembali masuk ke Istana. Kemudian pukul 19.00 WIB Jokowi-JK kembali ke Monas untuk melepas 7.000 lampion. Dan pukul 22.00 WIB acara selesai.

(Andy Abdul Hamid)