Jakarta, Aktual.com-Sebagai wakil dari Kakorlantas Irjen Royke Lumowa Anggota Korlantas Polri Kombes Hery Sutrisman melaporkan perkembangan arus balik liburan di Hari Idul Adha. Kepada Menhub Budi Karya Sumadi. Hery mengatakan Royke sendiri berhalangan untuk menyampaikan laporan langsung karena tengah bertugas di Jawa Barat.

“Karena ada lonjakan arus balik di Jawa Barat, beliau (Royke) memimpin langsung di lapangan,” sebut Hery kepada Budi Karya lewat video conference di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (3/9).

Hery menguraikan jika Korlantas Polri membagi Pulau Jawa dalam empat wilayah pengamatan, dimana tiap wilayah tersebut dipimpin oleh satu orang.

“Wilayah 1, Merak sampai Bakauheni. Wilayah 2 Cikarang Utama sampai Tasikmalaya. Wilayah 3 Cikarang Utama sampai Jawa Tengah, dan wilayah 4 area wisata,” urai Herry.

Menurut Hery jumlah kecelakaan yang terjadi selama arus mudik dan arus balik Idul Adha adanya penurunan pada jumlah kecelakaan yang terjadi. Tetapi, jumlah korban meninggal untuk tahun ini lebih tinggi dibanding tahun 2016 lalu.

“Tahun ini terjadi 315 kecelakaan, korban meninggal 71 orang. Ini turun dari tahun 2016. Tahun lalu ada 1.470 kecelakaan, korban meninggal 60 orang,” jelas dia.

Video conference sendiri melibatkan beberapa titik di Pulau Jawa dan Bali. Titik-titik tersebut antara lain AP I Surabaya, AP II Semarang, AP I Denpasar, AP I Yogyakarta, AP II Soekarno Hatta. Beberapa stasiun yaitu Cirebon, Gambir, Jember, Madiun, Semarang Tawang, dan Bandung. Selain itu juga ada di ASDP Merak. Untuk pintu tol ada di Cikarang Utara dan terakhir di Kantor Kakorlantas.

(Bawaan Situs)